Pura Besakih, 1001 Pura Di Bali Membuat Anda Kagum

Pura Besakih adalah Pura Terbesar di Bali bahkan di seluruh Indonesia , Pura ini tempat berkumpulnya Agama Hindu dibali dalam upacara adat. Dengan konsep sebuah komplek pura yang banyak menjadikan Pura Besakih sangat tinggi dan unsur seninya sangat kental. Terletak di lereng Gunung Agung membuat pemerintah menjadikan Pura ini sebagai Objek Wisata terfavorite di Bali. Pemandangannya begitu indah jika terlihat dari atas , dan sejuknya suasanya di Pura Besakih. Jika anda kebingungan, anda bisa dipandu oleh orang asli disana untuk mengelilingi komplek area pura yang sangat luas. Selain menjadi tempat sucinya Agama Hindu , di Pura Besakih juga terkenal dengan makanan jagung ketannya yang sangat enak. Anda akan sangat mudah menjumpai pedagang ini bahkan sampai ada anak kecil juga ikut membantu orang tuanya menjual jagung ketan dan harganya juga tidak mahal dan termasuk murah , anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.10.000 untuk 3 jagung ketan. 

Perjalanan menuju ke Pura Besakih juga menurut saya rumit , karena jalannya lika-liku dan lebih banyak jalan naik turun sehingga bagi yang tidak kuat untuk naik kendaraan roda 4 pasti mabuk ( terutama saya hehehe ) waktu yang tepat untuk mengunjungi Besakih adalah purnama kedasa dalam kalender Bali ,  akan banyak pementasan budaya lokal seperti gambelan , tari-tarian sakral karena pada saat itu semua umat hindu di Bali akan datang ke Pura Besakih untuk sembahyang bersama. Di Pura Besakih ada pura penyungsungan (tempat persembahyangan) disebut Pura Pedarman sesuai dengan wangsa mereka, terbagi menjadi beberapa komplek pada areal ini, dan Pura Pedarman tersebut merupakan warisan leluhur secara turun menurun. Jadi semua umat hindu yang sesuasi wangsa mereka akan sembahyang di pedarman masing-masing.

Ketika anda berlibur disini saya sarankan jaga etika berbicara dan prilaku karena ini tempat paling suci di Bali dan anda setidaknya jika berkunjung ke Pura Besakih harus memakai selendang atau pakaian adat Bali , jangan memakai pakaian biasa seperti kemeja atau pakaian yang tidak pantas dan yang paling penting bagi wanita yang sedang datang bulan , saya sarankan jangan memasuki area pura.

Pura Besakih, 1001 Pura Di Bali Membuat Anda Kagum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara