Pantai Sidem Tulungagung


Pantai Sidem Tulungagung | Pantai Sidem menjadi satu paket dengan wisata Pantai Popoh. Di pantai Sidem anda akan disuguhi pemandangan pantai dengan hamparan pasir putihnya dan perahu-perahu para nelayan yang menghiasi indahnya air laut yang berwarna biru. Sungguh suatu pemandangan yang menakjubkan. Pantai Sidem terletak di Kecataman Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Letaknya yang berdekatan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air Niama, memiliki pemandangan alam yang masih alami dengan hamparan pasir dan batu-batu karang yang menghiasi bibir pantainya.

Wisata Pantai Sidem Tulungagung.
Pantai Sidem tidak dapat lepas dari sejarah upaya penyelamatan kota Tulungagung dari bahaya banjir pada tahun 1980an silam. PLTA Niama atau yang biasa disebut oleh penduduk setempat dengan bendungan Niama ini menjadi titik akhir dari sungai yang ada di bagian selatan kabupaten Tulungagung. Sehingga dulunya disekitar lokasi pantai ini menjadi wilayah kawasan banjir. Dan hingga sekarang di Pantai Sidem inilah kita dapat menikmati pemandangan antara dua arus air bertemu, yaitu arus air laut dengan air sungai. Pertemuan dua arus air ini menciptakan pemandangan yang nyata antara air laut dengan air sungai. Namun sayang, karena pertemuan dua arus ini pula sehingga anda tidak diperkenankan untuk mandi di laut. Dan di pantai ini juga ada rambu peringatan untuk hal itu.


Banyak sekali wisatawan lokal yang menerobos masuk ke Pantai Sidem melalui kawasan PLTA Niama. Walaupun sudah dipasang rambu larangan masuk. Kata para penjaga loket, wisatawan yang mencoba menerobos masuk lewat kawasan PLTA Niama akan dikenai sanksi tiket masuk saat hendak menuju ke lokasi Pantai Popoh. Jika hanya ke Pantai Sidem tidak akan dikenai tiket masuk. Pantai Sidem terletak disebelah barat Pantai Popoh. Pantai Sidem merupakan perkampungan yang dihuni oleh para penduduk yang bekerja sebagai nelayan. Di perkampungan ini para wisatawan dapat menemukan industri kecil skala rumah tangga yang menghasilkan produk makanan seperti ikan asin maupun terasi yang dikemas secara rapi sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Jalan untuk menuju ke lokasi Pantai Sidem sudah beraspal dan bagus sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menjangkau lokasi pantai. Anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan angkutan umum maupun dengan kendaraan pribadi. Akan lebih mengasyikkan lagi bila anda menuju ke lokasi dengan berjalan kaki, karena anda dapat menikmati pemandangan yang indah berupa pepohonan jati yang tumbuh disekeliling jalan menuju Pantai Sidem. Dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh menambah kesejukan udara meskipun di hari yang panas. Dan anda juga dapat menikmati indahnya lemandangan dari atas bukit sehingga dapat melihat segala aktivitas nelayan di laut yang biru.


Dengan membayar harga tiket sebesar Rp 3000 per orang anda sudah bisa menikmati keindahan alam di Pantai Sidem. Bila anda menuju ke lokasi ini dengan menggunakan mobil, anda akan dikenai biaya tambahan sekitar Rp 2000, dan biaya Rp 1000 untuk sepeda motor. Sedangkan bila menggunakan bus akan dikenai biaya tambahan senilai Rp 2500. Di dekat pantai ada warung yang menjual rujak khas kota Tulungagung. Hanya dengan Rp 3500 anda sudah bisa menyantap kelezatan makanan khas Tulungagung. Dan akan semakin nikmat bila ditambah dengan minuman dingin. Untuk saat ini pihak pengelola Pantai Sidem masih belum menyediakan tempat khusus untuk penginapan para wisatawan. Sehingga para wisatawan sidarankan untuk menginap di vila dan penginapan yang ada di Pantai Popoh.

Terimakasih anda telah menyimak informasi Tempat wisata dari kami diatas tentang Pantai Sidem Tulungagung, Semoga Bermanfaat bagi anda yang hendak berlibur.

Pantai Sidem Tulungagung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara