Pesona Keindahan Pantai Parangkusumo

Pesona Keindahan Pantai Parangkusumo  | Pantai Parangkusumo adalah objek wisata andalan yang tidak kalah menariknya dengan Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terletak di kabupaten Bantul, Yogyakarta, tetapnya sekitar 30 km di bagian selatan kota Yogyakarta. Selain itu, Pantai Parangkusumo juga berdampingan dengan Pantai Parangtritis serta Pantai Depok. Pantai Parangkusumo, dipercaya sebagai pantai yang merupakan pintu gerbang memasuki istana laut selatan. Di Pantai Parangkusumo, anda akan disuguhi pemandangan pantai dengan ombak yang cukup besar. Di kawasan Pantai Parangkusumo ini juga terdapat petilasan yang dipercaya oleh penduduk setempat sebagai petilasan dari Panembahan Senopati.

Legenda Pantai Parangkusumo.
Di Pantai Parangkusumo terdapat tempat yang dinamakan Batu Cinta yang letaknya di dalam Puri Cepuri. Para penduduk setempat sering menaburkan kembang setaman maupun sesajen pada Batu Cinta. Batu ini dulunya merupakan tempat Panembahan Senopati duduk bertapa pada batu yang berukuran lebih besar pada bagian utara, sedangkan Ratu Kidul duduk pada batu yang berukuran lebih kecil yang letaknya di sebelah selatan. Semuanya berawal ketika Panembahan Senopati melakukan tapa ngeli yang bertujuan untuk memperdalam serta menyempurnakan semua kesaktian yang ia miliki. Suatu Ketika saat Panmebahan Senopati bertapa, tiba-tiba terjadi badai besar di pantai sehingga membuah pohon-pohon yang ada di tepi pantai menjadi tercabut dari akarnya. Selain itu air laut seolah-olah menjadi panas mendidih dan membuat ikan-ikan yang ada di lautan terlempar ke darat.

Kejadian seperti ini membuat Ratu Kidul menjadi kaget sehingga menampakan diri ke permukaan laut untuk menemui Panembahan Senopati. Setelah bertemu dengan Panembahan Senopati, akhirnya Ratu Kidul menjadi jatuh cinta. Panembahan Senopati mengungkapkan keinginannya untuk memerintah Mataram serta memohon bantuan pada Ratu Kidul. Ratu Kidul menyanggupi permintaan Panembahan Senopati namun dengan syarat agar Panembahan Senopati beserta seluruh keturunannya mau menjadi suami Ratu Kidul. Akhirnya Panembahan Senopati menyetujui permintaan tersebut dengan syarat perkawinan tersebut tidak menghasilkan anak.

Perjanjian itulah yang membuat Kraton Yogyakarta merupakan salah satu pecahan Mataram yang berhubungan erat dengan Istana Laut Selatan. Hal ini terbukti dengan dilakukannya upacara labuhan yang diadakan setiap tahun yang merupakan sebagai bentuk persembahan pada istana laut selatan. Salah satu ritual dari prosesi labuhan tersebut adalah dengan mengubur potongan kuku, rambut serta pakaian Sri Sultan di dalam areal Puri Cepuri.

Rute Menuju Ke Pantai Parangkusumo.
Pantai Parangkusumo dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari kota Yogyakarta maupun dari kota Bantul. Anda bisa melalui rute untuk menuju ke Parangtritis yauti dari Pojok Beteng Wetan, lurus saja ke arah selatan. Anda bisa melawati jalur ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa melalui Terminal Giwangan menggunakan bis jurusan Jogja Parangtritis, kemudian turun di terminal Parangtritis dengan ongkos sekitar Rp 15.000. saja per orang. Karena letaknya yang dekat dengan Pantai Parangtritis, sehingga anda hanya perlu berjalan kaki saja dari terminal Parangtritis. Selain itu juga, karena letaknya yang cukup dekat dan bahkan dapat dikatakan berdampingan dengan pantai Parangtritis, di Pantai Parangkusumo juga tersedia berbagai akomodasi serta fasilitas yang memadai di sekitar Pantai Parangkusumo. Para pengunjung dapat melihat prosesi upacara labuhan yang umumnya diadakan bertepatan dengan hari kelahiran sultan yang berkuasa di Keraton Yogyakarta. Disini anda bisa berkeliling pantai dengan menggunakan kerera kuda. Cukup dengan biaya sewa sebesar Rp 20.000 anda sudah dapat berkeliling menyusuri pantai sambil menikmati pemandangan pantainya yang indah.

Fasilitas Pantai Parangkusumo.
Di sekitar Pantai Parangkusumo terdapat beberapa warung yang menjual beranekan makanan dan minuman. Untuk fasilitas penginapan Anda bisa menginap di hotel yang berada di sekitar kota Yogyakarta, diantaranya adalah Brongto Hotel serta Pramesthi Hotel, maupun menginap di hotel-hotel yang ada di sekitar Malioboro.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Parangkusumo.
Untuk Berkunjung ke Pantai Parangkusumo, anda tidak akan ditarik biaya sewa sepeserpun. Namun, untuk memasuki tempat wisata Pantai Parangtritis, anda diharuskan untuk membayar tiket senilai Rp 3000 per orang, ditambah dengan biaya asuransi senilai Rp 250. Untuk biaya retribusi kendaraan, anda akan dikenai biaya sebesar Rp 1000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 500 untuk kendaraan roda dua.

Pesona Keindahan Pantai Parangkusumo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara