Pemandangan Mempesona Di Pantai Sanur Bali

Pemandangan Mempesona Di Pantai Sanur | Pantai Sanur merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Pulau Bali. Pantai Sanur terletak di sebelah timur ibukota Bali yaitu Denpasar. Ombak di Pantai Sanur cukup tenang, sehingga tidak dapat dipakai untuk surfing atau berselancar seperti di Pantai Kuta. Di lepas Pantai Sanur juga terdapat spot untuk diving maupun snorkeling. Karena kondisi ombaknya yang ramah, lokasi diving dapat digunakan oleh para pecinta olahraga diving baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional. Selain itu, Pantai Sanur juga dikenal sebagai Sunrise beach atau pantai matahari terbit. Disini kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit, berbeda dengan Pantai Kuta yang merupakan tempat untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam. Hal seperti inilah yang membuat Pantai Sanur semakin menarik. Bahkan ada sebuah spot atau tempat yang berada di Pantai Sanur yang diberi nama Pantai Matahari Terbit, karena pemandangan ketika matahari terbit sangat indah sekali bila dilihat dari tempat ini.

Wisata Pantai Sanur Bali.
Sepanjang garis di Pantai Sanur menjadi tempat yang pas untuk melihat matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun tempat seperti pondok mungil yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat sambil menunggu matahari terbit. Karena ombak di Pantai Sanur cenderung tenang, maka Pantai Sanur sangat cocok sekali sebagai tempat wisata bersama keluarga serta anak-anak karena ombaknya tidak berbahaya. Selain bisa menikmati pemandangan matahari terbit sambil bersantai di Pantai Sanur, anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit sambil berenang di pantainya.  Sebagain kawasan Pantai Sanur memiliki pasir yang berwarna putih dan dilengkapi dengan pohon pelindung. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil duduk-duduk di pasir pantai dan menikmati makanan seperti aneka jananan seperti lumpia maupun jagung bakar yang banyak di jual oleh para pedagang disekitar Pantai Sanur.

Pantai Sanur juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti restoran, hotel, maupun kafe kecil dan juga terdapat art shop yang menjual berbagai benda untuk oleh-oleh. Hotel Ina Grand Bali Beach merupakan salah satu hotel tertua di Bali yang dibangun tidak jauh dari Pantai Sanur. Di sepanjang garis pantai juga dibangun semacam area untuk pejalan kaki yang sering digunakan untuk jalur jogging oleh pengunjung lokal maupun wisatawan domestik.Jalur untuk pejalan kaki yang ada di Pantai Sanur terbentang ke arah selatan melewati Pantai Sindhu, Pantai Karang sampai Semawang sehingga para pengunjung maupun wisatawan bisa berolahraga sekaligus menikmati pemandangan pantai di pagi hari.

Sejarah Pantai Sanur.
Keindahan pemandangan alam yang ada di Pantai Sanur sudah terkenal sejak jaman dulu. Dalam sejarah Bali kuno, Pantai Sanur telah terkenal sebagai pantai pantai yang indah. Hal ini tampak dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, yaitu seorang raja dari keraton Singhadwala pada tahun 917 Masehi. Sekarang, prasasti tersebut masih terdapat di daerah Blanjong, bagian selatan Pantai Sanur. Pada masa kependudukan tentara Belanda, Pantai Sanur juga dikenal sebagai lokasi pendaratan tentara Belanda saat menyerang Kerajaan Badung yang dianggap telah memberontak pada pemerintahan Belanda. Perang yang terjadi pada tanggal 18 November 1906 itu kemudian dikenal dengan nama Puputan Badung, yaitu semangat perang sampai mati yang dilakukan oleh Raja Badung serta para pengikutnya di Bali.

Dari segi wisata, Pantai Sanur mulai dikenal di dunia internasional berkat seorang pelukis berkebangsaan Belgia A. J. Le Mayeur yang datang ke Bali pada tahun 1932. Melihat daya tarik Pantai Sanur yang indah, maka Le Mayeur memutuskan untuk menetap di Sanur dengan mendirikan sanggar melukis di sekitar Pantai Sanur. Le Mayeur kemudian menikah dengan gadis Bali yang bernama Ni Nyoman Pollok, yaitu seorang penari Legong yang terkenal serta merupakan salah satu model dalam lukisannya. Melalui lukisan Le Mayeur, Pantai Sanur mulai dikenal oleh dunia internasional. Sampai saat ini, sanggar lukis tersebut menjadi sebuah museum bernama Museum Le Mayeur serta dapat dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan. Museum Le Mayeur berada dalam kawasan wisata Pantai Sanur.

Di pagi hari, para pengunjung dan wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang mempesona. selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan gugusan Pulau Nusa Penida yang letaknya di sebelah tenggara dengan panorama pantai selatan Pulau Bali. Pemandangan Pantai Sanur di sore hari juga tidak kalah menariknya. Air pantai yang surut membuat pandangan mata menjadi semakin jelas pada gugusan Pulau Serangan serta bukit karang yang menjorok ke laut di sebelah selatan Pantai Sanur.  Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati keindahan bebatuan karang yang berwarna-warni  membentang luas.

Cara Menuju Ke Pantai Sanur.
Pantai Sanur berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Denpasar serta dapat dicapai dengan kendaraan bermotor seperti mobil maupun sepeda motor. Anda juga bisa menggunakan jasa angkutan umum yang siap mengantarkan para wisatawan maupun pengunjung lokal dengan rute Denpasar – Sanur. Bus besar juga bisa langsung masuk ke pintu gerbang Pantai Sanur. Lokasi Pantai Sanur sangat mudah sekali ditempuh dari tempat umum, seperti dari bandara. Jika dari bandara Ngurahrai, Bali anda perjalanan hanya memakan waktu selama setengah jam saja lewat Bypass Ngurahrai selama perjalanan tidak macet. Tempat parkir yang disediakan di Pantai Sanur juga cukup luas serta bersih. Namun tidak jarang pada saat liburan akan banyak sekali kendaraan bermotor yang parkir disini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Sanur.
Anda tidak akan dikenai biaya untuk memasuki kawasan Pantai Sanur. Bila anda menggunakan kendaraan pribadi, anda akan dikenai ongkos parkir senilai Rp 5.000 per kendaraan.

Berbagai fasilitas yang terdapat di Pantai Sanur:
Berbagai penginapan mulai kelas menengah sampai yang bertaraf internasional. Selain itu banyak juga hotel yang ada dibagian timur serta tenggara Pantai Sanur.
  • Toko yang menjual berbagai barang kesenian serta Art Shop. Barang-barang yang dijual disini bisa anda jadikan oleh-oleh saat anda pulang dari Pantai Sanur.
  • Restoran yang menjual berbagai macam menu makanan maupun minuman.
  • Perahu kecil serta kano yang bisa anda sewa untuk melihat pemandangan di sore hari.
  • Pondok kecil untuk tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan matahari terbit.
  • Terdapat tiga spot untuk para pecinta olahraga diving maupun snorkeling.



Demikian tadi informasi Tempat wisata yang dapat kami sampaikan kepada anda tentang Pemandangan Mempesona Di Pantai Sanur, Semoga info tempat wisata diatas dapat membantu anda yang sedang mencari referensi mengenai Tempat wisata yang ada di bali.

Pemandangan Mempesona Di Pantai Sanur Bali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara