Kawasan Wisata Danau Bedugul Bali

Kawasan Wisata Danau Bedugul Bali | Danau Bedugul terletak di ketinggian kurang lebih 1.239 m dari atas permukaan laut. Di pinggiran danau terdapat sebuah pura yang diberi nama Pura Ulun Danu Berpmatan. Keunikan tempat serta bangunan pura inilah yang membuat para pengunjung baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing menjadi sangat terkesan. Para wisatawan yang datang ke Kawasan Wisata Danau Bedugul tidak hanya melakukan wisata sejarah, namun juga dapat menikmati berbagai keindahan alam di suguhkan disini.

Danau Bedugul Bali.
Kawasan Wisata Danau Bedugul berlokasi di kawasan Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Di sini terdapat tiga buah danau, yaitu danau Beratan, danau Buyan serta danau Tamblingan. Ketiga danau tersebut merupakan danau kembar di dalam kaldera besar. Danau Bratan merupakan danau yang cukup istimewa. Kawasan Wisata Danau Bedugul berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan antara Denpasar dengan Sangaraja dan letaknya berdekatan dengan Kebun Raya Eka Karya sehingga menjadikan Kawasan Wisata Danau Bedugul menjadi sebuah tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun bersama teman-teman saat liburan. Di pinggiran danau Beratan terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danau Beratan yang merupakan tempat untuk memuja Sang Hyang Dewi Danu yaitu seorang dewi pemberi kesuburan.

Bangunan Pura Ulun Danau Beratan memiliki bangunan ciri khas Bali, yaitu berupa bangunan yang memiliki atap bertingkat. Terdapat tiga bangunan pura yang memiliki menara serta atap yang berbeda jumlahnya. Ada yang berjumlah 11 tingkat, ada yang 7 tingkat serta 3 tingkat. Menara tersebut merupakan simbol kepercayaan umat Hindu di Bali terhadap tiga dewa, yaitu menara 11 tingkat simbol dari Dewa Wisnu, menara 7 tingkat simbol dari Dewa Brahma, sedangkan menara 3 tingkat simbol dari Dewa Siwa. Danau Beratan yang juga dinamakan danau Bedugul memiliki kedalaman mencapai 23 m. Umumnya, para wisatawan menyewa perahu bermotor maupun tradisional untuk mengelilingi danau sambil menikmati pemandangan danau dari jarak dekat. Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam yang ada disekitar Danau Bedugul sambil memancing.

Beberapa Tempat Wisata Di Kawasan Wisata Danau Bedugul.
• Kebun Raya Eka Karya.
Kebun Raya Eka Karya merupakan salah satu dari empat kebun raya yang ada di Indonesia serta lebih dikenal dengan nama Kebun Raya Bedugul. Kebun Raya Eka Karya berlokasi di wilayah desa Candi Kuning serta memiliki koleksi tanaman sebanyak 16.000 tumbuhan. Selain itu, di Kawasan Kebun Raya Eka Karya juga terdapat berbagai tumbuhan liar dan menjadi habitat dari berbagi jenis burung. Kebun Raya Eka Karya memiliki luas sekitar 154,5 hektar. Berbagai koleksi tanaman yang ada di dalam Kebun Raya Eka Karya, meliputi tanaman Sirih, Cemara Pandak, Melati, Kunyit, Kayu Dadap serta berbagai jenis tumbuhan paku-pakuan seperti Paku Rane, Paku Pohon, Paku Sarang Burung dan masih banyak lagi. Disini juga terdapat berbagai jenis anggrek seperti Anggrek Tanah, Anggrek Kalajengking, Anggrek Epindrum Radicans dari Amerika Selatan serta Amerika Utara, juga ada koleksi Anggrek Hitam yang hanya berbunga di bulan Juli sampai Agustus. Juga ada berbagai macam tanaman tradisional yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai keperluan sehari-hari serta untuk upacara adat. Selain tumbuh-tumbuhan, Kebun Raya Eka Karya menjadi tempat habitat berbagai jenis burung, seperti Tekukur, Walet Sapi, Sriganti, Isap Madu dari Australia, Kucica Batu, Kepodang, Bondol Jawa serta masih banyak lagi.

• Pasar Candi Kuning.
Pasar Candi Kuning terletak di sebelah kiri jalan yang menuju ke Singaraja serta berdekatan dengan pintu masuk Kebun Raya Eka Karya. Pasar Candi Kuning merupakan pasar tradisional yang menjual aneka sayuran, buah-buahan segar, tanaman hias serta berbagai barang yang bisa dijadikan oleh-oleh. Buah yang terkenal di Kawasan Wisata Bedugul adalah buah strawberry.


• Danau Beratan.
Di kawasan wisata Bedugul terdapat tiga buah danau, meliputi Danau Beratan, Danau Tambilangan, serta Danau Buyan. Danau Beratan merupakan danau yang pertama dilalui bila dari arah Denpasar serta berjarak sekitar 300 m dari Kebun Raya Eka Karya. Danau Beratan berada di sebelah kanan jalan jika kita menuju ke Singaraja.Tempat wisata yang ada di kawasan Danau Beratan adalah Bedugul serta Pura Ulun Danu. Di Bedugul terdapat fasilitas berupa tempat penginapan, berbagai rumah makan serta tempat menyewa perahu untuk mengelilingi Danau Beratan. Sedangkan tempat wisata Ulun Danu merupakan taman berbaim serta terdapat Pura Ulun Danu Beratan. Di bagian utama serta sekeliling Pura Ulun Danu merupakan taman yang ditumbuhi dengan rerumputan yang hijau. Pada bagian timur terdapat dua menara yang bertingkat 11 serta menara bertingkat 7. Dua bangunan menara tersebut berada di pinggiran danau.

• Danau Buyan.
Danau Buyan terletak di sebalah kiri jalan menuju desa Pancasari yang termasuk dalam wilayah kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng. Tidak jauh dari Danau Buyan terdapat pasar yang diberi nama Pasar Pancasari. Danau Buyan terkenal sebagai tempat untuk memancing. Jumlah pengunjung yang datang ke Danau Buyan tidak sebanyak pengunjung di Danau Beratan.

• Danau Tamblingan.
Danau Tamblingan berlokasi sekitar 5 km dari Danau Buyan dan masih termasuk dalam wilayah kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng. Untuk bisa menuju ke Danau Tamblingan, anda perlu melewati Bukit Pengalengan dengan jalanan yang menanjak serta memiliki tikungan tajam. Di sekitar Danau Tamblingan terdapat gua Jepang peninggalan Perang Dunia Kedua serta menjadi habitat dari kera-kera yang jinak. Setelah melewati Bukit Pengalengan, ambil jalan yang mengarah ke Munduk. Setelah sampai di desa Wanagiri, anda sudah dapat melihat pemandangan Danau Tamblingan serta Danau Buyan. Di sepanjang jalan menuju ke Danau Tamblingan terdapat banyak warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman terutama kopi, sebab daerah Munduk, Wanagiri serta Banyuatis adalah desa penghasil kopi yang terkenal di Bali. Di danau Tamblingan juga terdapat bumi perkemahan.

Rute Menuju Ke Kawasan Wisata Danau Bedugul.
Jalan menuju ke Kawasan Wisata Bedugul relatif mudah, karena berlokasi di pinggir jalan raya yang menghubungkan kabupaten Tabanan dengan kabupaten Singaraja. Lokasi tepatnya adalah di wilayah Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan. Letaknya sekitar 55 km dari kota Denpasar, Bali serta membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam lamanya.

Kawasan Wisata Danau Bedugul Bali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara