Pantai Sadeng Gunungkidul Wisata sejarah Muara sungai Begawan Solo plus Tempat Pelelangan ikan


Wah kita balik lagi ke gunungkidul dengan eksotisme wisata pantainya, kali ini admin alam nusantara bakal nyuguhin pantai paling timur di gunungkidul, sebenernya jika dibilang paling timur juga tidak benar haha, ya setidaknya timurnya pantai sadeng bisa dikatakan pantainya kecil-kecil dan belum terkenal.

Untuk pantai terdekat yang cukup terkenal ada pantai jungwok dan pantai wediombo itu berada di barat pantai sadeng, nah sedangkan timurnya pantai sadeng ada pantai kecil-kecil plus ada teluk wonogiri.

Pantai sadeng ini terkenal akan dua hal, coba tebak?

Yups, pantai sadeng terkenal karena di pantai sadeng terdapat sebuah pelelangan ikan, mungkin bisa disebut terbesar di gunungkidul, di antara deretan pantai gunungkidul sepertinya hanya pantai baron dan sadeng yang memiliki perahu nelayan.

Jadi jangan heran kalo kesini Cuma lihat kapal-kapal nelayan, oh iya sebelum cerita lebih dalam, keunikan yang kedua adalah pantai sadeng dulunya adalah muara dari salah satu sungai terbesar di pulau jawa, ya apa lagi kalo bukan sungai begawan solo.

Jika mengaitkan sungai begawan solo tampaknya kurang afdol jika tidak menyebut sang maestro indonesia yaitu Gesang.

Di pantai sadeng kita dapat melihat sisa-sisa kelokan dan lekukan alur sungai begawan solo, yang masih terlihat amat menawan, admin tidak tahu persis seperti apa kejadiaanya namun menurut beberapa sumber bahwa alur muara berpindah karena terjadinya pergerakan lempeng indo australia.

lautindonesia.blog.com

Ya mengingat sepenjang pesisir gunungkidul bisa dikatakan bukit karang cadas asli dari dasar laut, jadi tidak heran jika berpindahnya alur sungai begawan solo dapat dibenarkan, yaitu akibat pergerakan lempeng indo australia yang mengakibatkan terangkatnya karang-karang laut selatan.

Untuk menuju ke pantai sadeng sendiri kita harus bergerak kearah kiri dari kita masuk, walaupun pantai sadeng tidak besar namun cukup bisa dijadikan sebagai wisata geologi dan sejarah.


Disini juga anda dapat melihat mercusuar seperti mercusuar di pantai drini, sebenarnya dipantai baron juga ada mercusuar di bukit sebelah timur namun terlalu tinggi dan sepertinya butuh nyali untuk menaiki mercusuar setinggi tower sinyal operator seluler haha

Jika menginginkan berlibur kepantai di gunungkidul sepertinya pantai sadeng lebih baik menjadi pilihan terakhir karena disini anda tidak akan cukup puas untuk dapat bermain air dan pasir mengingat cukup kecil.

jogjakartasite.blogspot.com

Tapi jika anda ingin melihat salah satu tempat pelelangan terbesar digunungkidul dan ingin melihat sisa-sisa sungai begawan solo, sepertinya cukup layak dijadikan wisata utama, jadi tergantung tujuan ,bukan?

Lokasi pantai sadeng Gunungkidul
 
Pantai sadeng sndiri berada di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.  Nih paling jauh dari jogja, badan bisa pegel-pegel kalo pulang pergi dari sadeng haha

Daya tarik pantai sadeng gunungkidul


Seperti yang admin tulis diatas, admin simpulkan jadi tiga daya tarik pantai sadeng, yang pertama bahwa pantai sadeng berada dipaling timur pantai gunungkidul.

jogjakartasite.blogspot.com

Yang kedua berhubung pantai sadeng termasuk ppi ( pusat pelelangan ikan) jadi yang jelas cukup ramai hilir mudik perahu nelayan

Yang ketiga, bisa juga dijadikan wisata geologi dan wisata sejarah mengingat dulunya aliran sungai begawa solo sempat bermuara dipantai sadeng gunungkidul.

oh iya, pantai sadeng juga terkenal akan lobsternya loo dan ikan2 ekspor lainnya.

Fasilitas pantai sadeng Gunungkidul


Fasilitas Pantai sadeng cukup lengkap, mengingat aktivitas pantai sadeng juga cukup tinggi banyak hilir mudik nelayan-nelayan dan tentunya kita juga dapat menikmati ikan segar langsung tangkap dari laut, enak bukan?

Selamat berlibur di Pantai Sadeng Gunungkidul :)


Pantai Sadeng Gunungkidul Wisata sejarah Muara sungai Begawan Solo plus Tempat Pelelangan ikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

4 komentar:

  1. tempat yang cukup indah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah akhirnya nongol juga ente gan, kayak umbel aja ilang pergi haha

      Delete
  2. nyenengake tenan pemandangane

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto pantai sadeng milik sumber @mas lasno, nanti dc kalo admin ada waktu sela pasti nyantumin sumber dari gambar..

      pantai sadeng memang tempat asyik untuk menikmati seafood segar, apalagi bersama keluarga dan teman

      nuwun kang lasno

      Delete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara