Kawah Ijen Munculnya Fenomena Api Biru yang Langka Hingga Danau Belerang


Untuk post kali ini admin alam nusantara akan menyuguhkan wisata dari timur pulau jawa, pulau jawa bagian timur bisa dikatakan cukup eksotis mengingat banyaknya gunung-gunung tinggi dan hadirnya taman nasional baluran, namun kali ini admin tertarik dengan keindahan alam nusantara “kawah ijen” atau biasa disebut danau kawah ijen.

Kawah ijen adalah sebuah kawah yang berada di puncak gunung ijen dengan ketinggian 2.300an m Dpl, cukup tinggi.

Kawah ijen masih satu kompleks dengan gunung berapi dengan cakupan luas wilayah lebih tinggi dari daratan sekitar, kawah ijen memiliki nama yang telah mendunia berkat ke eksotisannya, banyak wisatawan mancanegara yang setiap harinya selalu tracking menuju kawah ijen, ada beberapa hal yang menjadi daya tarik tidak terbantahkan mengenai kawah ijen selain tentunya kawah ijen berada di ketinggian 2.300an m Dpl.

Pada dasarnya Kawah ijen adalah digunakan sebagai eksplorasi belerang, dikarenakan kawah ijen memiliki aktivitas vulkanologi tergolong aktiv dan belerang pun volumenya tidak henti-henti bertambah, inilah yang akhirnya dimanfaatkan untuk mengeksplorasi belerang kawah ijen.

Untuk mengambil belerang seorang pekerja harus turun hingga kedasar kawah atau tepatnya hampir sejajar dengan permukaan kawah ijen, tenang aja bos aman disamping itu tempat kita berpijak adalah bebatuan cadas nan keras asli.

Belerang sendiri merupakan bahan dasar dari beberapa produk seperti dalam bidang industri dan medis.

Danau Kawah Ijen hingaa Api Biru


Belerang yang diambil merupakan bongkahan padat dan berwarna kuning hingga jingga.

Selain itu menurut beberapa sumber kawah ijen satu-satunya kawah di indonesia yang memiliki api biru dan dunia hanya ada dua tempat yang memiliki keunikan munculnya api biru secara alami, selain di kawah ijen indonesi, tempat selanjutnya terletak di islandia.


Itulah sebabnya kawah ijen begitu populer dan mendunia ditambah kawah ijen memiliki akses mudah dan tidak jauh dari pulau dewata bali. Dimana bali adalah pusat tourism indonesia asal mancanegara.

DANAU KAWAH IJEN - dari api biru hingga danau belerang
mahapalajoss.blogspot.com

Kawah ijen sendiri berwarna hijau dimana hijaunya cenderung ke hijau toska seperti pada kebanyakan kawah belerang atau sebut saja telaga warna dieng maka pemandangan seperti ini amat lah lazim di tempat yang terdapat belerang.

Lokasi kawah ijen


Kawah ijen terletak di pulau jawa bagian timur dan berada di 2 kabupaten yaitu bondowoso dan banyuwangi.


Perjalanan dan pendakian menuju kawah ijen


dapat diakses melalui banyak jalur dari 4 arah mata angin akses terbuka lebar dari Jogja, semarang, surabaya dan bali. Untuk menuju kawah ijen maka post pendakian pertama terletak di paltuding dan ini menjadi post awal untuk menaiki lereng gunung ijen.

DANAU KAWAH IJEN - dari api biru hingga danau belerang
www.tourandtravelwisataindonesia.com

Waktu terbaik untuk mendaki kawah ijen adalah saat musim kemarau, kira-kira bulan juli hingga september, dan jam terbaik untuk pendakian menuju kawah ijen adalah pada subuh hari sekitar jam 4, namun jika ingin melihat api biru pendakian bisa dilakukan lebih awal sekitar jam 1 hingga jam 2 dini hari.

mengingat panjang rute dari post pertama sekitar 3 km belum jika capek maka harus istirahat lagi haha. Disela-sela perjalanan kita akan melewati pondok bunder yang fungsinya untuk mengukur tingkat curah hujan, dari sini trek lebih landai meskipun juga naik dan miring namun justru cukup berat karena tempat kita berpijak adalah pasir bos haha, untuk sampai ke kawah ijen membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam tergantung stamina.

Keunikan dan daya tarik kawah ijen


DANAU KAWAH IJEN - dari api biru hingga danau belerang
basriahmad2.blogspot.com

Seperti yang telah dipaparkan keunikan alam kawah ijen terletak pada kawah ijen yang berada di ketinggian 2.300an m Dp, memiliki aktivitas penambangan belerang dan yang paling eksotis adalah hadirnya api biru

Api biru berbeda dengan api warna merah, kuning dan hijau, api biru disebut api yang memiliki tingkat derajat lebih panas atau sekitar 200 drajat celcius dan memiliki spedtrum gelombang cahaya lebih tinggi

berbeda dari temperatur panas yang dikeluarkan
panas api biru > panas api hijau > panas api kuning > panas api merah.

berbeda panjang gelombangnya
panjang gelombang api biru > panjang gelombang api hijau > panjang gelombang api kuning > panjang gelombang api merah (id.answers.yahoo)

Selamat berlibur D kawah ijen :)

Kawah Ijen Munculnya Fenomena Api Biru yang Langka Hingga Danau Belerang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara