Goa jatijajar Kebumen Goa indah yang katanya terdapat legenda lutung kasarung?


Kali ini admin alam nusantara bakal nyuguhin tempat wisata yaitu salah satu wisata yang cukup terkenal di kabupaten kebumen. Yups ini dia goa jatijajar

Wisata gua cukup jarang ditemukan di pulau jawa, coba saja anda buktikan?

Nah untuk itu obyek wisata goa ini sangat spesial, seperti halnya kabupaten kebumen. Goa jatijajar bisa dibilang masih wisata favorit masyarakat kebumen selain tentunya pantai ayah / logending, karena memang akses dari pantai ayah/logending  menuju gua jatijajar tidak terlalu jauh.

Dalam beberapa kisah banyak cerita masyarakat yang berkembang dan menjadi sebuah legenda, dari mulai asal ususl penemuan gua.

kemudian penamaan gua hingga kisah yang dipercayai masyarakat mengenai legenda lutung kasarung, bahkan didalam gua juga terdapat diorama tentang sejarah lutung kasarung.

Goa jatijajar bisa dikatakan sangat unik karena didalamnya terdapat diorama, tidak banyak goa yang beginian di indonesia, meskipun dari sisi keindahan bisa dikatakan melukai keindahan alam.

Namun apa boleh buat, ini semua juga salah satu cara agar goa jatijajar semakin memikat wisatawan untuk mengunjungi gua jatijajar.

Meskipun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa diorama ini membawa nusansa tersendiri yang pastinya berbeda.

Saat memasuki goa kita tidak akan menginjak tanah secara langsung, mengingat goa jatijajar telah di ratakan dan di paving pada lantai dasar.

Lokasi goa jatijajar


Seperti yang disebut diatas bahwa goa jatijajar terletak di kecamatan ayah kabupaten kebumen jawa tengah

anangelnino.blogspot.com

Keunikan dan daya tarik goa jatijajar


Seperti yang telah di singgung mengenai goa jatijajar, bahwa goa jatijajar telah di anggap tempat semedi dari lutung kasarung yang hingga saat ini masih dipercayai sehingga diorama lutung kasarung pun tersedia di goa jatijajar.

Goa jatijajar memiliki mulut gua yang cukup lebar dan memiliki langit-langit yang lumayan tinggi, ditambah munculnya stalagtit dan stalagmit, semakin menambah eksotisme goa jatijajar
Dalam goa jatijajar juga terdapat 7 mata air atau 7 sungai dan yang biasa di sebut 7 sendang, tentu sendang ini menjadi daya tarik sendiri yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung
Namun dari ke 7 sungai yang nampak hanya 4 sendang yang mudah untuk dicapai, keempat sendang tersebut adalah sendang puser bumi, sendang mawar, sendang jombor dan sendang kantil.

Meskipun salah satu sendang yang konon dapat membuat awet muda, :D, percayakah anda? Kalo admin sih kagak percaya, jika ada air dapat mengurangi efek penyakit kulit admin masih percaya dan secara nalar dapat dibuktikan, seperti curug pitu dan tiga di baturaden.

anangelnino.blogspot.com

Mungkin jika benar-benar dapat untuk obat awet muda, admin rasa sendang mawar tidak akan gratis, iya tidak?

Dan nampaknya patung dinosaurus menjadi ikon dari goa jatijajar menilik dari struktur batu dan stalagmit stalagtit goa jatijajar,menunjukan bahwa goa jatijajar cukup sepuh jadi bisa dibilang patung dinosaurus mengingatkan kita dari sejarah lama yang benar ada atau tidak.

Disamping itu dari mulut dinoasurus keluar air yang berasal dari sendang mawar dan sendang kantil

Fasilitas gua jatijajar


Fasiltas goa jatijajar bisa di bilang cukup lengkap, ya tidak aneh bukan karena goa jatijajar salah aset alam nusantara sekaligus wisata favorit di kabupaten kebumen, dari mulai pedagang cinderamata, pedagang makanan dan oleh-oleh pun juga ada.

jadi tidak usah khawatir, kawasan goa jatijajar juga terdapat kolam renang yang bisa dijadikan alternative liburan keluarga anda.

Sebagai tambahan menurut admin jika ingin menikmati goa jatijajar dengan rasa puas, maka hindari libur weekend dan libur nasional, karena dihari-hari tersebut dijamin begitu sesak.

Tiket masuk Rp 7.500

selamat berlibur di Gua Jatijajar Kebumen :)

Goa jatijajar Kebumen Goa indah yang katanya terdapat legenda lutung kasarung? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara