13 Fakta Menarik Tentang Kuda Laut


Entah karena hal apa Admin alam nusantara tertarik untuk nulis artikel tentang hewan, yeah ini post pertama tentang hewan, teringat dengan satu makhluk kecil yang sangat menarik dan imut. Ini guys kuda laut yang dalam bahasa inggris seahorse.

Kuda laut tergolong dalam genus hipposcampus mereka disebut kuda laut karena bentuk kepala yang cenderung sama dengan kuda di darat, hippocampus berarti, hippos=kepala kuda, campus=Binatang laut

Inilah 13 fakta menarik tentang kuda laut:

Kuda laut adalah ikan

Percaya atau tidak mereka termasuk kedalam golongan ikan, setelah terjadi perdebatan selama belasan tahun, karena faktanya mereka bernafas menggunakan insang

Ada sekitar 53 spesies kuda laut

Menurut national geographic, ada 53 spesies kuda laut. Mereka terdiri dari berbagai ukuran dari 0,6 inci sampai 14 inci panjang atau sekitar 1,5cm sampai 35cm. Mereka dikategorikan dalam keluarga Syngnathidae, yang meliputi pipefish dan seadragons.

Kuda laut perenang yang buruk

Kuda laut adalah satu-satunya jenis kuda yang tidak memilik harapan untuk menjadi pelari tercepat dilautan, ini dikarenakan bentuk tubuhnya yang aneh tegap lurus dan mereka menggunakan sirip-siripnya untuk berenang, mereka juga mampu bergerak keatas, kebaeah, kekanan, dan kekiri, meskipun semua itu dilakukan dengan lambat.  

Kuda laut bukanlah kuda pacu

Jangan bandingkan kuda laut dengan kuda darat dimana mereka dapat berlari 76 km, sedangkan kuda laut mereka amat lah buruk dalam hal melarikan diri, banyak dari mereka terbenuh akibat kelelahan dan tenggelam hingga dasar laut.  

13 Fakta Menarik Tentang Kuda Laut
Kuda laut raja kamuflase

Tuhan maha adil, kuda laut memang bukan perenang yang cepat namun kuda laut termasuk salah satu hewan laut yang memiliki pertahanan terbaik. Pertahanan mereka berupa kamuflase, artinya mereka menyamarkan diri dengan lingkungan sekitar dan biasanya mereka hidup atau menetap di tempat yang memungkinkan kuda laut untuk berkamuflase dengan baik.

banyak diantara mereka memiliki bentuk dan warna seperti lingkungan sekitar, misal rumput laut, karang, dedaunan hingga transparan. dan ketika mereka telah menemukan habitat yang cocok maka mereka akan mengikatkan diri mereka menggunakan ekor yang dimilikinya, cerdas bukan ?  

Kuda laut memiliki baju zirah

Kuda laut dapat dikatakan sebagai salah satu ikan dengan baju zirah terbaik, bentuk tulang mereka yang cenderung kotak dan memiliki kerangka tulang yang cukup kompleks, bahkan tangan seorang laki-laki dewasa belum tentu dapat menghancurkan baju zirah kuda laut ketika kuda laut dalam keadaan kering setelah mati.

Kuda laut tersebar diseluruh dunia

Kuda laut cenderung hidup pada perairan dangkal tropis dan subtropis, mereka cenderung hidup diperairan dangkal karena mereka buruk dalam hal berenang. Rata-rata Kuda laut bertempat tinggal di sekitar hutan bakau, terumbu karang, padang lamun. Kuda laut tidak cukup ahli berada diperairan dalam itu akan membuat mereka rentan terhadap predator dan arus laut.

Kuda laut tidak memiliki perut
Kuda laut adalah hewan yang sangat rakus, mereka tidak memiliki penampung makanan itulah yang menyebabkan makanan hanya lewat dan kuda laut harus makan secara terus menerus setiap harinya atau mereka tidak akan bertahan lama. Kuda laut adalah karnivora mereka memakan zooplankton dan udang-udang kecil, moncongnya yang panjang digunakan untuk menyedot korbannya.  

13 Fakta Menarik Tentang Kuda Laut

Kuda laut tidak memiliki gigi

Kuda laut adalah ikan yang tidak memiliki gigi, tidak heran karena mereka hanya makan zooplankton dan udang kecil atau sejenis udang rebon.

Kuda laut adalah ikan yang setia
 
Menurut para ahli kuda laut hidup hanya dengan satu pasangan, dan mereka hampir berhubungan sepanjang tahun, kuda laut adalah ikan yang monogami dan setia.  

Kuda laut jantan melahirkan anak
 

Kuda laut jantan adalah salah satu ikan yang gentle, mereka yang melahirkan anak dan bukan sang betina, meski sebenarnya ini menyalahi hukum alam. Kuda laut jantan tidak seratus persen melahirkan anak.

ini berawal saat terjadi proses perkawinan dimana selama proses perkawinan sang betina memasukan telur kedalam kantung yang terdapat didalam dada kuda laut jantan, hingga sekitar beberapa minggu setelah dalam proses pembuahan dengan sperma jantan dan proses pengeraman, kuda laut kecil pun lahir.

13 Fakta Menarik Tentang Kuda Laut
Kuda laut rentan terhadap kepunahan

Sejak dahulu Kuda laut telah menjadi perburuan, adanya resep china seputar khasiat kuda laut telah menyebabkan menurunnya tingkat populasi kuda laut hampir diseluruh dunia. Dilain sisi eksploitasi laut dan berbagai macam aktivitas pencemaran juga turut menyumbang menurunya populasi kuda laut.  

kuda laut pendam yang imut

entah seperti apa tapi banyak manusia yang sangat tertarik dengan kuda laut hannya sekedar untuk dimasukan dalam aquarium, tidak salah memang namun lebih baik jika kuda laut yang diperjualbelikan adalah kuda laut hasil penangkaran.
 
Rata-rata kuda laut berumur lima (5) tahun. Percaya atau tidak setelah melakukan penelitian selama bertahun-tahun menunjukan hasil rentang umur kuda laut dialam bebas adalah lima (5) tahun, meskipun mati itu takdir tuhan dan hasil tersebut tidak dapat dibenarkan seutuhnya.

Semoga bermanfaat

13 Fakta Menarik Tentang Kuda Laut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

4 komentar:

  1. whhh sangat beda dari binatang-binatang lian ya, bukn induk yang melhirkan tpi jantannya yang melahirkan

    ReplyDelete
  2. Hi,

    Do you selling kuda laut ? My factory can buy 200kg ever month with good price (SIZE: 4-5g per piece); Please contact me anytime; thanks.

    Sean
    (+65) 86613185
    BBM PIN:74DD3A28 / 7E47C3CA
    Email: cnticmedical@gmail.com
    Kakao Talk ID: HooplaHa / Line ID : hooplaha
    Skype ID: seanchapter
    CNTIC MEDICAL CO, .LTD

    ReplyDelete
  3. Bisa disingkat" gk sihh cape nihh nulisnya hehehe

    ReplyDelete
  4. punya baju zirah, padahal dari bentuknya keliatan sekilas kalo rangka tubuhnya ringkih..

    ReplyDelete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara