13 Fakta Menarik Mengenai Teripang / timun laut / gamat


Kali ini admin alam nusantara akan menulis artikel tentang teripang atau biasa orang menyebut dengan timun laut atau orang melayu biasa menyebut gamat, seperti post sebelumnya bahwa teripang termasuk dalam filum echinodermata itu berarti teripang masih bersaudara dengan bulu babi/landak laut, bintang laut dan pasir dollar.

Teripang sendiri banyak kegunaannya diantaranya yang paling terkenal adalah untuk pengobatan dan konsumsi. Teripang termasuk dalam kelas holothuroidea.

13 Fakta Menarik Teripang


Teripang bukanlah ikan 

Seperti yang kita tahu bahwa fillum echinodermata bukanlah termasuk jenis ikan sama seperti Bintang Laut, bulu babi / landak laut.

Ada sekitar 1250 spesies  Teripang

Teripang hampir menyebar diseluruh perairan didunia, teripang telah diindetifikasi dan memiliki hampir 1250 spesies di seluruh lantai laut, salah satu komunitas terbesar berada di asia pasifik dan salah satunya Indonesia lho gusy ^_^

Ukuran Teripang 

Teripang rata-rata berukuran antara 3,9 inci hingga 12 inci atau 10 sampai 30 cm panjang, meskipun dalam beberapa penemuan spesies terkecil dikenal hanyamemiliki panjang 0,12 inci atau 3 mm panjang, dan yang terbesar bahkan mencapai 1 meter.

Tubuh teripang berkisar dari hampir bulat seperti cacing bahkan karena hal itu pula teripang sering disebut sebagai mentimun laut atau timun laut dan sepertin echinodermata lainnya teripang tidak memiliki lengan

Cara berkomunikasi Teripang 

Teripang sebagai echinodermata yang berkomunikasi teripang lainnya dengan mengirimkan sinyal hormon melalui air.

Makanan Teripang 

Sama seperti echinodermata lainnya seperti bintang laut dan bulu babi/landak laut mereka juga omnivora sehingga mereka dikenal sebagai pemulung lantai lautan, dari mulai plankton hingga bahan organik yang ditemukan membusuk dilantai laut.

Beberapa spesies teripang memposisikan diri dalam arus air dan menangkap makanan yang mengalir dengan dengan tentakel terbuka mereka. Mereka juga menyaring melalui sedimen bawah pasir dasar menggunakan tentakel mereka. Spesies lain dapat menggali ke bawah lumpur atau pasir sampai mereka benar-benar dikubur

Sistem Pertahanan Teripang

Sebuah teripang di Mahé, Seychelles menyemburkan filamen lengket dari anus untuk menjerat musuh-musuh mereka sekaligus membela diri, dan itu cara teripang untuk bertahan dari predator.

Disamping itu Ketika terancam, dapat melepas beberapa bagian tubunya sebagai bentuk pertahanan. Otot-otot mereka berkontraksi dan membuang beberapa organ internal mereka keluar dari anus mereka. Bagian tubuh yang hilang dengan cepat diregenerasi. Hal ini untuk membuat bingung dan sebagian musuh pun memilih pergi.

hampir seluruh jenis Holothuroidea memiliki pertahanan yang mengagumkan bahkan setelah organ internalnya dimuntahkan.

Kekhasan holothurians pada Teripang 

Tubuh beberapa holothurians penghuni air dalam, adalah bahwa tubuh mereka terbuat dari jaringan gelatinosa tangguh dengan sifat unik yang membuat Teripang mampu mengendalikan daya apung mereka sendiri, nah sehingga memungkinkan bagi mereka untuk hidup di dasar laut sekalipun atau aktif berenang atau mengapung di atasnya untuk pindah ke lokasi baru.

Fakta sensorik Teripang 

Kebanyakan teripang memiliki organ sensorik yang cenderung sama, meskipun faktanya berbagai ujung saraf tersebar melalui kulit, itu cukup memberikan teripang rasa kepekaan terhadap kehadiran cahaya. Namun demikian, sedangkan spesies atau jenis lain dari teripang memiliki mata kecil yang terletak di dekat kaki tentakel mereka.

Sistem Tubuh Echinodermata pada Teripang. 

Seperti semua echinodermata, teripang memiliki kedua sistem vaskular air yang memberikan tekanan hidrolik untuk tentakel dan kaki tabung, yang memungkinkan mereka untuk bergerak.

Echinodermata memang tidak seperti kebanyakan hewan dimuka bumi bahkan dilautan karena faktanya mereka bergerak dengan menggunakan kaki-kaki tabung yang berada dibagian bawah. Teripang memiliki antara sepuluh dan tiga puluh tentakel kecil, tergantung pada spesies teripang.

Sistem reproduksi Teripang 

13 Fakta Menarik Mengenai Teripang / timun laut / gamat

Teripang dikenal sebagai hewan laut yang dapat berkembangbiak secara seksual dan aseksual. Jarang sekali teripang melakukan secara mesra karena faktanya jatan dan betina hanya melepaskan ovum dan sperma didalam air dan pembuahan tejadi ketiak mereka bertemu.

Setelah itu telur berkembang menjadi larva yang berenang bebas, biasanya setelah sekitar tiga hari perkembangan.

Tahap pertama perkembangan larva dikenal sebagai auricularia, dan hanya sekitar 1 mm (39 mils) panjangnya.

Teripang Sebagai obat 

Diwilayah pasifik inilah teripang dikenal memiliki khasiat yang sangat bagus bahkan dunia medis juga telah membuktikan, nah beberapa spesies juga hadir di bumi nusantara lho. terutama untuk ekstrak teripang, bahkan saat ini telah banyak perusahaan yang menyediakan obat dari teripang.
Teripang telah ditemukan untuk mengobati sejumlah penyakit, dengan anti-angiogenik, antikanker, antikoagulan, anti-hipertensi, anti-inflamasi, antimikroba, antijamur, antioksidan, antitrombotik dan sifat antitumor.
Umur teripang 

Menurut animal nationalgeographic teripang memiliki rentan umur antara lima (5) hingga sepuluh(10) tahun.

Sistem Pernapasan

Nyangka kagak guys kalo ternyata teripang bernafas dengan anus. inilah keunikan dari echinidermata yang satu ini, anus teripang memiliki banyak sekali fungsi dari mulai pusat pertahanan, tentakel hingga pernapasan.

Kesimpulan

Akhir-akhir ini teripang menjadi sangat populer untuk masyarakat indonesia, bahkan di negara asia lainnya seperti china, jepang, dan taiwan teripang menjadi santapan lezat dan makanan sehari-hari.

dari bentuknya yang unik pasti sudah banyak yang underestimate mengenai rasanya haha. ingatkan guys segala sesuatu tidak melulu berbanding lurus terkadang malah kebalikannya, kayak dinegara asia tersebut.

meskipun tingkat konsumsi sangat tinggi namun china dan jepang menjadi pelopor budidaya teripang didunia, dan indonesiapun sudah menerapkan sisitem yang hampir sama.

Semoga bermanfaat

13 Fakta Menarik Mengenai Teripang / timun laut / gamat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

5 komentar:

  1. membeli teripang
    Surabaya, Indonesia
    天寶燕窩 紐約市 廣州
    Rich Tung
    I sell birdnest and sea cucumbers
    Bisnis Teripang : Membeli teripang De jual Abalones scallop Surabaya
    BBM 7ACEF85B
    BlackBerry Messenger : BBM 7ACEF85B
    Wechat : TianBaoYanWo
    whatsapp:
    Email: TungTrading@gmail.com
    QQ: QQ number is:2517960721
    SKYPE: Rich.Tom

    ReplyDelete
  2. informasi tempat wisata bisa di http://duniawisataku.com/ check this site!

    ReplyDelete
  3. ngeri banget ya teripang ittu..
    tapi banyak khasitnya jyga ;)

    ReplyDelete
  4. Teriapang unik juga ya.. apalagi kalo di makan, banyak banget khasiatnya. :)

    ReplyDelete
  5. apa lagi gamat emas saat ini telah banyak orang yang menggunakannya sebagai obat tradisional ya gan?
    terimakasih ;)

    visit to http://veriska.com/

    ReplyDelete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara