Fakta Menarik tentang Bulu babi / Landak Laut


Admin alam nusantara jadi teringat pantai ngobaran, waktu itu temen ada yang nekat nginjek bulu babi atau juga yang biasa disebut landak laut, haha

Bulu babi disini adalah hewan laut yang termasuk dalam kelas echinoidea, anggota keluarga yang lain mereka termasuk teripang, bintang laut dan pasir dolar. Beberapa bulu babi hidup berkoloni dan sebagian menyendiri mereka menyendiri dan itu membuat bulu babi rentan terhadap predator.

Meskipun beberapa predator bulu babi dapat mengalahkan bulu babi namun tidak semua dapat dengan mudah lolos dari bulu babi.

Bulu babi aktiv di malam hari, mereka cenderung pasif pada siang hari dimalam hari mereka mencari makan dengan cara berjalan dengan bagian kecil seperti kaki dibawah perutnya,.

bulu babi adalah makhluk omnivora artinya mereka makan alga atau rumput laut yang menempel di bebatuan dan terumbu karang dan makhluk kecil di lautan. Bulu babi termasuk salah satu pengurai dan pemulung dasar laut seperti kepiting yang juga memakan jasad ikan.

Mulut, bulu babi(dikenal sebagai lentera Aristoteles), mulut bulu babi terdapat di tengah antara bagian tubuhnya, tepatnya dibagian bawah.yang memiliki sekitar lima buah gigi.


Bulu babi hampir ditemukan diseluruh perairan dunia tetapi sangat jarang berada dikutub, mereka juga hidup tidak hannya diperairan dangkal namun juga dilaut dalam, bulu babi terlihat cukup tenang saat terjadi bahaya, itu bukan karena mereka cukup berani, karena mereka memang buruk dilautan.

Namun siapa disangka rata-rata hewan yang memiliki basis pertahanan kuat cenderung pendiam dan sabar, sebut saja seperti ular kobra.

Fakta Menarik tentang Bulu babi / Landak Laut

Mereka cenderung pasif saat ada bahaya mendekat, karena mereka tahu pertahanannya lebih hebat dan dapat mengantisipasi serangan musuh. Itulah sistem pertahanan dari bulu babi.

Tidak semua jenis bulu babi, memliki duri-duri panjang dan tajam sebagai pertahanan diri, namun banyak dianatara bulu babi memiliki duri yang pendek dan tumpul namucukup untuk memberikan efek serius

Salah satu diantara mereka atau yang biasa disebut red Bulu babi memiliki umur yang cukup lama. 


Seringkali para snorkling tidak sadar hadirnya bulu babi disekitar mereka karena biasanya bulu babi bersembunyi dibalik terumbu karang bahkan diantara mereka dapat menguburkan diri didalam pasir,dan itu cukup sulit untuk dideteksi keberadaannya.

Fakta Menarik tentang Bulu babi / Landak Laut

Meskipun bulu babi bukanlah hewan paling sering menyebabkan kematian dilautan, namun efek dari menginjak bulu babi cukup membuat anda lemas, ada cara-cara sederhana yang biasa dilakukan saat pertolongan pertama.
  1. Cabut bulu babi secara perlahan, durinya yang tajam seringkali dapat menembus dan mengoyak pelindung tebal sepert baju snorkling sekalipun.
  2. Rilekskan diri anda karena ini menyangkut racun dan peredaran darah, dan amatlah beruntung jika duri bulu babi tidak sampai menyentuh tulang kaki anda.
  3. Biasanya duri bulu babi masih tersisa dalam daging, maka gunakan pinset atau sejenisnya untuk mengeluarkan secepat mungkin.
  4. percaya atau tidak urine lumayan ampuh untuk menghancurkan duri bulu babi yang masih terdapat didalam daging, karena urine termasuk amoniak yang dapat meremukan.
  5. beberapa pihak mengatakan jika tidak bisa diambil maka pukulkan dan biarkan duri bulu babi hancur, jadikan ini sebagai alternative terakhir.dan
  6. Jangan lupa memberikan antibiotik jika perlu suntik tetanus sekedar antisipasi
ya itu sekedar saran sederhana, namun yang pasti pentinglah untuk selalu waspada jika berada di laut lepas atau sekedar dibibir pantai, meskipun bulu babi tidak dapat melemparkan durinya sebagai basis pertahanan tapi usahakan untuk jaga jarak.

Semoga bermanfaat

Fakta Menarik tentang Bulu babi / Landak Laut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. hioiii serem-serem amat, kalo liat bulu bbi itu udah tkut duluan..
    ternyata ada warna lain juga ya, yang aku tau cumaan warna hitam aja

    ReplyDelete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara