Pantai Krakal Yogyakarta

Pantai Krakal Yogyakarta | Pantai yang indah ini bernama Pantai Krakal. Pantai Krakal merupakan sebuah tempat wisata pantai yang terletak di kampung Krakal, kelurahan Ngestirejo, kecamatan Tanjung Sari, kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Lokasi Pantai Krakal terletak sekitar 37 km mengarah ke selatan jika dari pusat kota Wonosari dengan waktu tempuh sekitar 3 jam lamanya. Pantai Krakal merupakan sebuah pantai yang terletak sekitar 2 km dari Pantai Drini serta masih satu jalur dengan Pantai Baron serta Pantai Kukup.


Wisata Pantai Krakal Yogyakarta.
Pantai Krakal termasuk pantai yang cukup indah jika dibandingkan dengan pantai yang lain di terletak di pulau Jawa. Pantai Krakal memiliki angin yang cukup kencang serta ombaknya relatif besar. Sehingga bagi pengunjung yang ingin kemari bersama keluarga harus ekstra hati-hati. Perjalanan untuk menuju ke Pantai Krakal melewati perbukitan kapur yang diselingi dengan batu-batuan karang. Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata wilayah Krakal ini merupakan bagian dari dasar laut yang naik ke atas karena proses alam. Bagian dasar laut tersebut menjadi naik dan semakin tinggi menjadi sebuah dataran tinggi seperti sekarang ini.


Bebatuan karang yang sekarang menjadi dataran tinggi tersebut, dulunya merupakan tempat bersembunyi binatang-binatang laut yang hidup pada waktu itu. Pantai Krakal memiliki pasir putih dan diselingi dengan bebatuan karang. Sehingga menjadi keunikan tersendiri. Bagian barat dan timur Pantai Krakal dibatasi dengan tebing karang yang terjal. Ombak di Pantai Krakal terkadang terkesan tenang, namun anda tetap perlu berhati-hati. Selain tempatnya yang unik, ada salah satu keunikan yang lain di Pantai Krakal, yaitu munculnya berbagai jenis ikan hias air laut di waktu-waktu tertentu. Ketika air laut sedang surut, di bibir pantainya sering terlihat ikan hias seperti ikan Bustum, Kepe maupun Pogat yang berukuran relatif besar serta ikan hias jenis Tliger yang berukuran kecil.


Biasanya, munculnya ikan-ikan hias tersebut bersamaan dengan kemunculan semacam lumut ketika musim kemarau tiba. Dan ikan-ikan hias ini sering bermunculan pada awal bulan jika dibandingkan dengan akhir bulan. Anda bisa mengambil ikan-ikan hias yang terjebak di pinggiran pantai dengan menggunakan jala yang dijual bebas di sekitar Pantai Krakal. Jika anda merasa bosan bermain di pinggiran pantai, anda bisa berjalan mengarungi wilayah lepas pantai. Dengan deretan bebatuan karang yang keluar dari permukaaan sehingga membentuk sebuah jalan setapak yang terjal di lautan. Banyak nelayan yang melintasi deretan karang ini untuk mencari tempat yang bagus untuk memancing. Sebagian nelayan lainnya lebih suka untuk menyelam di laut dangkal untuk mencari umbal, yaitu sejenis binatang laut kecil yang menempel di bebatuan karang.

Fasilitas dan Kegiatan di Pantai Krakal.
Ombaknya yang besar juga cocok sekali bagi pecinta olahraga selancar. Para peselancar harus berjalan kaki ke deretan batu karang pada bagian lepas pantai dan menungg sampai ombaknya datang. Banyak sekali karang yang dijumpai di bagian dasar perairan Pantai Krakal, jadi para peselancar juga harus lebih hati-hati. Waktu yang terbaik untuk berselancar di Pantai Krakal adalah pada bulan Maret dan September. Namun, olahraga selancar bukan jenis olahraga yang populer di pantai ini. Bagi anda yang hobi berselancar, anda diharuskan membawa papan selancar anda karena belum ada tempat persewaan papan selancar di Pantai Krakal.


Di pinggiran Pantai Krakal juga banyak tempat yang menjual aneka makanan dan minuman. Bagi para pengunjung yang berkunjung kemari bersama keluarga maupun teman, anda bisa bermalam di hotel Herlois yang letaknya tidak jauh dari lokasi Pantai Krakal. Untuk bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan di Pantai Krakal, anda cukup membayar tiket masuk senilai Rp 4.000 per orang untuk hari biasa, sedangkan untuk hari besar dan hari libur anda akan dikenai tarif senilai Rp 5.000 per orang. Untuk ongkos parkir anda akan dikenai tarif senilai Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda empat.

Demikian Sedikit informasi yang dapat kami bagi kepada anda mengenai Pantai Krakal Yogyakarta, Semoga Membantu anda yang akan berlibur diakhir pekan ini!

Pantai Krakal Yogyakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

2 komentar:

  1. lebih dari sekedar indah :) saya sangat suka...
    salam kenal dari saya :) ini pertama kalinya saya singgah :) saya juga sudah menjadi follower dari blog ini :)

    ReplyDelete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara