Daftar Tempat Wisata di Lombok

Daftar Tempat Wisata di Lombok - Hingga saat ini Pulau Lombok merupakan salah satu ikon wisata Indonesia dimana tempat wisata ini memiliki keindahan yang tidak bisa ditemui di tempat lain di Indonesia. Belum ditambah dengan keindahan terumbu karang, pemandangan pantai yang sangat putih serta kekayaan hayati lain yang luar biasa. Wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri pastinya akan berdecak kagum jika melihat Gunung Rinjani yang megah serta keunikan Budaya Sasak dan keramahan masyarakat Sasak. Pulau Lombok memiliki eksotisme dan keindahan yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata utama bagi pasangan yang ingin berbulan madu di sini. Begitu pula dengan Pulau Gilis yang juga memiliki eksotisme yang bisa membuat anda merasa tertarik untuk menikmati pemandangan pulau tersebut.

Tempat Wisata di Lombok.

Pulau Lombok adalah salah satu dari 2 pulau terbesar yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok mempunyai pemandangan alam yang sangat elok yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata keluarga ataupun liburan biasa.Jika anda sudah mengenal tempat ini dengan baik maka anda akan mengetahui daerah mana saja yang menarik dari tempat wisata ini sehingga anda bisa mengeksplorasi keindahan Lombok dengan baik.

Obyek Wisata di Lombok.
Pemandangan alam berupa pantai yang ada di Lombok akan memberikan kesan yang sangat indah dan tidak terlupakan. Pulau Lombok memiliki perpaduan pemandangan yang sangat indah berupa pantai, Gunung Rinjani, bukit-bukit serta sedikit terlihat Gunung Agung dari kejauhan. Selain pantai daratan di Pulau Lombok juga terdapat juga eksotisme lain berupa pemandangan laut di Pulau Gilis. Berikut adalah tempa-tempat wisata di Pulau ombok yang terkenal :

1. Pantai Senggigi
Salah satu pantai sekaligus tempat yang paling terkenal di Pulau Lombok adalah Pantai Senggigi yang bisa ditemukan di Lombok Barat. Pantai Senggigi mempunyai pemandangan bawah laut yang sangat indah dan merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersnorkling karena lingkungan pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Jika anda berencana untuk mengunjungi pantai pasir putih serta tempat budi daya mutiara air ini maka anda bisa mengambil rute yang juga mengarah ke obyek wisata yang lain seperti pasar tradisional Ampenan yang terkenal dengan Kebon Roek, Desa Mangsit yang terkenal memiliki pemandangan laut dan sekumpulan pohon kelapa dan Pura Batu Bolong yang terkenal dengan Pura yang berada di atas batu karang yang lokasinya menjorok ke tengah laut. Dari tempat ini anda bisa melihat Puncak Gunung Agung Bali dengan lebih jelas. Pantai ini dikelilingi oleh losmen, hotel dan bungalow. Pantai Senggigi mempunyai pemandangan yang sangat indah sekali, terutama pada saat sunrise maupun sunset. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan dari kota Mataram dan menempuh jarak perjalanan sejauh 10 km. Di pantai Senggigi anda bisa menemukan banyak penjaja cinderamata, berupa mutiara budidaya air tawar yang berwarna warni dengan harga mulai dari Rp.25.000. Selain itu anda juga bisa menemukan penjaja kaos bertuliskan Senggigi dan Lombok serta ukiran khas Lombok pada kayu, bisa berupa topeng, tempat buah dan sebagainya.


2. Pulau Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air
Pulau Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air atau biasa disebut sebagai The Three Gilis berada di lepas barat laut Pulau Lombok. Ketiga pulau ini memiliki pemandangan pantai yang indah dengan ombak yang tidak begitu besar pada lautnya yang dangkal sehingga tempat ini sangat cocok untuk kegiatan snorkling. Biarpun anda melakukan perjalanan wisata ke Lombok namun jika anda tidak menyempatkan diri untuk mampir ke Gili maka bisa dibilang anda belum dianggap pergi ke Lombok. Sebenarnya di sekeliling Pulau Lombok terdapat pulau-pulau kecil yang lain selain Gili, ketiga pulau ini lebih terkenal di mata para wisatawan, terutama turis mancanegara, sehingga jangan merasa kaget jika suasana di salah satu gili dari tiga gili tersebut yaitu Gili Trawangan lebih mirip sebagai “Kampung Bule” karena banyaknya turis mancanegara yang ada di tempat ini. Jika anda ingin berwisata ke tiga pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Lombok ini maka anda bisa menuju ke Pelabuhan Bangsal.

Pulau yang terdekat adalah Pulau Gili Air, yang ada di tengah adalah Pulau Gili Meno, sedangkan Pulau Gili Terawangan berada di tempat yang paling jauh. Untuk menuju ke 3 pulau yang kecil ini anda bisa menggunakan jasa kapal yang akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar setengah jam dengan membayar uang Rp 10.000. Gili yang terbesar dan paling terkenal adalah Gili Trawangan, namun sebaiknya pilih Gili Meno dan Gili Air jika anda menginginkan suasana yang lebih tenang dengan sedikit orang dan lebih bersih. Gili Meno dan Gili Air memang memiliki ukuran yang lebih kecil daripada Gili Trawangan. Meskipun relatif lebih sepi namun di dua pulau yang kecil ini anda masih bisa menemukan keberadaan cafe maupun resort. Jangan lupa untuk membawa persediaan air mineral yang cukup karena air yang ada di tempat ini masih asin dan jika memungkinkan anda bisa membawa persediaan air lebih untuk mandi. Untuk urusan listrik, kebutuhan listrik di ketiga pulau Gili ini disuplai dengan menggunakan tenaga diesel.

3. Pantai Sire Medana
Salah satu pilihan wisata pantai yang ada di kawasan Lombok Utara adalah Pantai Sire Medana yang berada sejauh 35 Km dari kota Mataram. Pantai Sire Mendana menyajikan keindahan panorama sunrise dengan latar Gunung Rinjani. Pantai Sire Mendana juga kaya akan coral dan ikan di sekeliling pantainya. 


4. Pantai Kuta, Tanjung Aan, dan Wisata Lombok Tengah
Obyek wisata yang masih jarang dikunjungi tapi akan terus berkembang di lombok terdapat di kawasan Lombok Tengah. Disini terdapat Pantai Kuta Lombok yang pintar menyajikan perpaduan warna antara birunya air laut dan hijaunya perbukitan, salah satu pemandangan yang sulit ditemui di belahan bumi manapun. Selain itu ada butiran pasir yang unik dan tiada duanya di pantai Kuta Lombok yang terlihat mirip dengan merica yang sangat halus. Konon butiran pasir yang terasa nyaman untuk diinjak ini berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah. Selain pantai Kuta Lombok masih terdapat obyek wisata Tanjung Aan di Lombok Tengah yang letaknya masih dekat dengan Pantai Kuta.

Di sini terdapat Pantai Mandalika dengan lampu-lampu yang berkilau dimana anda bisa berenang di tempat ini. Di sini juga terdapat restoran dan hotel. Di tempat ini ada perayaan menangkap atau melihat Nyale fish setiap tahunnya yang memiliki lokasi 56 km yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan dari kota Mataram. Selama berkunjung ke Tanjung Aan anda akan menikmati dua suasana yang berbeda yaitu duduk-duduk di atas sambil menikmati keindahan panorama sekitar atau dengan menikmati hamparan pasir putih yang luas dan landai.

5. Suranadi.
Di Suranadi terdapat hotel yang lengkap dengan lapangan tenis dan kolam renang air hangat. Selain itu anda juga bisa melihat pura Hindu tertua. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan dari Mataram dan harus menempuh perjalanan sejauh 17 km.


6. Lingsar.
Yang terkenal dari tempat ini adalah pura dengan ikan keramat di dalam kolam. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan dari Mataram dan harus menempuh perjalanan sejauh 9 km.

7. Narmada.
Narmada merupakanKebun Raya Lombok yang terkenal dengan kolam renangnya. Di tempat ini juga ada pura Hindu yang sering digunakan umat Hindu untuk bersembahyang. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan dari Mataram dan harus menempuh perjalanan sejauh 12 km.

8. Batu Bolong.
Batu Bolong terkenal dengan pura yang terdapat diatas batu karang yang menjorok ke laut dan jika cuaca cerah bisa melihat gunung Agung di pulau Bali serta melihat pemandangan saat sunset. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan dari Mataram dan harus menempuh perjalanan sejauh 8 km. Sebelum memasuki area ini anda akan diwajibkan untuk memakai pita kuning dari kain yang dipasang melingkari pinggang. Anda bisa menyewa pita kuning di lokasi ini. Pemandangan di Btu Bolong sangat indah sekali di mana anda bisa melihat air laut yang menerobos melalui sela-sela batu karang yang berlubang dan menimbulkan bunyi gemerosak.

9. Sire Beach.
Sire Beach merupakan Taman laut dengan pemandangan ikan yang berenang ke sana kemari serta koral yang eksotis. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan dari Mataram dan harus menempuh perjalanan sejauh 36 km.

10. Sukarare.
Desa Sukarare merpoakan desa yang dikenal sebagai tempat orang menenun. Di desa ini anda bisa membeli kain tenun tradisional khas Lombok, serta melihat bagaimana para penenun melakukan pekerjaannya. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan dari Mataram dan harus menempuh perjalanan sejauh 25 km.

11. Desa Sade
Letak dari Desa Sade berada di tepi jalan raya Praya – Kuta tepat dengan bagian luar desa yang terdapat tulisan di sebuah papan besar “Selamat Datang Di Desa Sasak Sada”. Desa Sade merupakan desa asli masyarakat Lombok dengan masyarakat asli Lombok serta kehidupan yang masih sangat tradisional dengan dinding rumah yang terbuat dari bilik bambu, atap rumah yang terbuat dari ijuk jerami, bangunan rumah yang terbuat dari kayu serta lantai rumah yang masih terbuat dari campuran kotoran kerbau dan tanah liat. Ada tradisi masyarakat yang sangat unik dan menarik di Desa Sade dimana masyarakat terbiasa mengolesi rumah dengan menggunakan kotoran kerbau setiap kali ada hajatan desa seperti melahirkan, upacara pernikahan, tiga bulanan, dan sebagainya.

Kebiasaan ini dilakukan untuk membersihkan ulang lantai rumah sebelum dihadiri oleh tamu-tamu lain yang akan datang. Yang sangat menarik adalah campuran antara kotoran kerbau dan tanah liat ini tidak mengeluarkan bau sama sekali. Sebenernya masih ada banyak objek wisata budaya lain yang wajib dikunjungi berupa pura dan belum disebutkan, seperti Pura Lingsar (pura dengan kolam ikan keramat), Pura Suranadi (pura Hindu tertua), dan Pura Narmada (terdapat mata air awet muda). Jika anda memiliki waktu luang untuk berwisata di Pulau Lombok maka anda bisa mengunjungi semua pnjek wisata pura tersebut. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan dari Mataram dan harus menempuh perjalanan sejauh 50 km.

12. Mataram.
Mataram merupakan ibu kota propinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Ampenan merupakan kota pelabuhan lama yang pada saat ini sudah pindah ke Lembar. Kota Ampenan mempunyai ciri khas arsitektur kuno yang jika dibersihkan dan mendapatkan perawatan yang baik akan menjadi daerah tujuan wisata yang digemari oleh wisatawan. Di kota Mataram yang sudah menjadi satu kesatuan dengan kota Cakranegara dan kota Ampenan anda bisa wisata kuliner dengan ciri khas makanan Lombok yang terkenal pedas. Jika di Jakarta anda sering melihat rumah makan Taliwang, ternyata Taliwang merupakan sebuah nama dari suatu daerah yang pada mulanya banyak penjual makanan khas Lombok di daerah ini.

Makanan khas Lombok, antara lain: Ayam plecingan, Plecing kangkung, sambel beberok, serta ayam julat yang terkenal memiliki bumbu yang sangat pedas. Ternyata Plecing merupakan nama dari suatu masakan, sehingga dikenal masakan kangkung yang diberi atau dimasak bumbu plecing, ayam yang dimasak plecing yaitu ayam yang diberi bumbu pedas, didiamkan, digoreng atau dibakar setelah itu diberi bumbu pedas lagi. Sambel beberok merupakan sambel yang terbuat dari irisan terong ungu, irisan tomat dan cabe, irisan bawang merah yang disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya. Minuman yang khas dari Lombok adalah kelapa madu yang terdiri dari air kepala muda, dan kelapa mudanya di suwir-suwir serta diberi madu. Untuk membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok, anda bisa mendapatkannya di Cilinaya Shopping Centre.

13. Cakranegara.
Cakranegara merupakan kota bisnis, terdapat pasar burung, pasar pertanian dan mata air Mayura serta pura Meru, pura terbesar di Lombok. Konon dulu Cakranegara merupakan bekas kerajaan, namun sayangnya situs (bekas kerajaan) sudah tidak bisa dikenali lagi. Jika anda ingin oleh-oleh makanan anda bisa membeli kaki ayam goreng, telur asin serta berbagai manisan yang terbuat dari rumput laut.


Obyek Wisata Gunung di Lombok.
Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi urutan kedua di Indonesia. Gunung Rinjani merupakan salah satu tempat favorit bagi pendaki gunung karena memiliki pemandangan alam indah yang dipadukan dengan keindahan Danau Segara Anaknya. Danau segara Anak merupakan danau yang memiliki suhu yang tidak sama dari satu tempat ke tempat lainnya dengan air yang berbau belerang dengan kedalaman 160-230 meter. Pada tengah danau ini terdapat gunung vulkanik baru yang masih aktif hingga sekarang dan masih terus berkembang. Penduduk lokal meyakini bahwa ada misteri Dewi Enjeni, yaitu ratu jin penguasa Gunung Rinjani sehingga penduduk yang ada di tempat ini sering mengadakan upacara religius dengan melepaskan ikan-ikan terkecil terbuat dari emas tipis ke Danau Segara Anak. Jika anda memiliki waktu luang sebaiknya sempatkan diri anda untuk melanjutkan rute wisata ke Gunung Rinjani dengan mampir ke air terjun Benang Kelambu.


Demikian Daftar Tempat Wisata di Lombok yang dapat kami rangkum untuk anda.

Daftar Tempat Wisata di Lombok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara