Keindahan Pasir Putih di Pantai Sepanjang Yogyakarta

Keindahan Pasir Putih di Pantai Sepanjang Yogyakarta | Pantai ini sekilas mirip sekali dengan Pantai Sanur. Pantai ini bernama Pantai Sepanjang. Pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putihnya yang masih terjaga serta ombak yang relatif sedang. Pantai ini masih berada di barisan pantai Gunungkidul. Pantai Sepanjang terletak di bagian timur Pantai Kukup. Maka, untuk bisa menuju kemari anda cukup mengikuti jalur yang menuju ke Pantai Kukup. Lalu setelah sampai di pertigaan Pantai Kukup arahkan kendaraan anda menuju timur atau kiri, dan anda akan menemukan papan nama Pantai Sepanjang


Pantai Sepanjang Yogyakarta.
Anda bisa melakukan berbagai kegiatan disini. Dari sekedar berjemur sambil menikmati pemandangan alamnya nan indah maupun berselancar di lepas pantai. Selain itu, anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di pantai Sepanjang. Pantai ini diberi nama Pantai Sepanjang karena garis pantainya yang panjang melebihi semua pantai yang ada di Gunung Kidul, Jogjakarta. Suasana di Pantai Sepanjang masih alami dan dihiasi dengan pohon-pohon palem serta gubug-gubug dengan atap dedaunan kering.


Panorama Indah Pantai Sepanjang Yogyakarta.
Fasilitas yang ada di Pantai Sepanjang cukup lengkap, ada tempat penginapan maupun warung yang menjual aneka makanan serta minuman. Karang disekitar bibir pantai masih terdapat berbagai biota laut seperti kerang-kerangan maupun bintang laut dan bahkan disini juga masih terdapat landak laut yang berduri. Selain memiliki pemandangan yang indah, Sepanjang juga memiliki situs bersejarah yang bernama Banyusepuh. Banyu berarti air, sedangkan sepuh berarti membasuh. Dulu, tempat yang berupa sebuah mataair ini sering digunakan untuk membasuh atau memandikan pusaka para wali. Namun sayangnya, sekarang situs bersejarah tersebut hanya tinggal sebuah kubangan yang kering dan ditumbuhi tanaman liar. Beberapa penduduk setempat membuat berbagai kerajinan tangan yang berbahan dasar kulit kerang yang bisa dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai Sepanjang. Ombak di Pantai Sepanjang cukup besar. Dan biasanya, pada waktu malam, pantainya akan menyusut dan beberapa biota laut akan terperangkap di sepanjang bibir pantai. Bagi anda yang hobi mengoleksi kulit kerang, anda akan menemukan banyak sekali kulit kerang di sekitar bibir pantainya di pagi hari.



Rute Untuk Menuju Ke Pantai Sepanjang.
Ada baiknya bila anda menaiki kendaraan pribadi untuk datang kemari. Karena, kendaraan umum yang masuk ke kawasan pantai ini masih belum terlalu banyak. Anda bisa menuju ke mari melewati rute pantai Baron. Dari arah terminal Wonosari anda lurus seja ke arah selatan sampai anda menemukan pos retribusi pantai. Setelah itu anda tinggal ikuti saja jalan sampai anda menemukan papan nama Pantai Sepanjang.

Harga tiket masuk ke Pantai Sepanjang.
Untuk memasuki Pantai Sepanjang, anda tidak akan dikenai biaya apapun. Anda hanya akan kenaikan biaya parkir serta biaya retribusiuntuk memasuki kawasan pantai Gunungkidul, sebesar Rp 3.000 per orang untuk pantai yang tidak menyajikan berbagai aktraksi kesenian daerah khas Jogja. Jika anda berkunjung ke pantai yang sering menampilkan pertunjukan dan kesenian daerah, umumnya anda akan ditarik biaya retribusi sebesar Rp 5.000. per orang.

Fasilitas di Pantai Sepanjang.
Selain gubug-gubug yang menjual berbagai makanan dan minum, disini juga tersedia gubug yang bisa anda sewa untuk bersantai bersama keluarga maupun teman anda saat berkunjung di Pantai Sepanjang.

Nah Gimana Guys dengan Pantai yang satu ini? Keren bukan? Untuk itu anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke bali, karena Pantai Sepanjang di Jogja pun sudah sangat indah.

Keindahan Pasir Putih di Pantai Sepanjang Yogyakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara