Dataran Tinggi Dieng Negeri Para Dewa dieng plateau


Wisata Dataran tinggi dieng  "Dieng plateau"  terletak di dua (2) kabupaten yaitu kabupaten banjarnegara dan kabupaten wonosobo yang berada pada kisaran 2000 dpl, memiliki suhu yang cukup sejuk berkisar 20-15 derajat.

Obyek ini memiliki area yang luas, bisa di katakan sangat besar, bahkan dataran tertinggi kedua di dunia setelah dataran nepal. puncak ke eksteriman suhu di dataran tinggi dieng justru pada saat musim kemarau.

saat di pagi hari embun dapat membeku. dan dapat merusak tanaman budidaya, berkunjunglah selain musim kemarau karena di jamin udara tidak terlalu dingin, dan jika berkunjung saat musim hujan ke dataran tinggi dieng gunakan kendaraan roda empat.

jika menggunakan motor maka persiapkanlah mantel hujan. hampir selama mata memandang kawasan dataran tinggi dieng berupa daratan yang rata dan hijau dengan beberapa titik yang lebih tinggi.

jalan menuju dataran tinggi dieng bisa dikatakan cukup ekstrim penuh dengan kelokan tajam kanan dan kiri serta jalan yang mendaki, menegangkan dan indah. akses menuju kawasan dataran tinggi dieng yang mempesona ini hampir bisa dikatakan baik dan terawat,

untuk menuju dataran tinggi dieng dari arah banjarnegara, temanggung, magelang, purworejo, semarang, yogyakarta dst, kawasan dataran tinggi dieng berupa pegunungan yang masih aktif hingga saat ini dengan prosentase tingkat racun yang cukup tinggi terutama daerah kawah timbang, kawah sikendang dan sinila.

avontur.wordpress.com

kekhawatiran tersebut jangan sampai mengurungkan niat untuk berkunjung dan menjelajahi dataran tinggi dieng yang penuh pesona ini, dalam beberapa kasus pihak BMKG mengatakan bahwa radius dari penyebaran gas yang berpotensi beracun hanya beberapa ratus meter dari pusat gas hingga 1 km, sedangkan Kabag Humas Pemkab Wonsosobo Tri Antoro: mengatakan letak kawah beracun jaraknya berkisar 19 km, " koran sindo" so dataran tinggi dieng sepenuhnya aman.

daerah wonosobo dan sekitarnya termasuk banjaregara dan magelang yang termasuk kawasan yang cukup sejuk karena berada jauh di atas permukaan laut mengakibatkan daerah ini menjadi tempat yang asik untuk berlibur, anda yang dari purworejo bisa melalui jalan wadaslintang atau bruno atau dari jalan purworejo.

jika anda dari jogja maka banyak rute yang bisa di lalui dan itu pilihan Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata Bahasa kawi "di" yang berarti "tempat" atau "gunung" dan " Hyang" yang bermakna Dewa.

Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam.Teori lain menyatakan, nama Dieng berasal dari Bahasa sunda ("di hyang") karena diperkirakan pada masa pra-Medang (sekitar abad ke-7 Masehi) daerah itu berada dalam pengaruh politik Kerajaan Galuh. Wikipedia

Dataran tinggi dieng wonosobo


getready123.wordpress.com

Dataran tinggi dieng merupakan tempat wisata yang eksotis, mempunyai daya tarik yang luar biasa besar dengan daerah yang luas, terkenal dengan pemandangannya yang indah, candinya yang menyimpan banyak sejarah serta telaga warna dieng yang melengkapi keindahan dieng plateau.

ada beberapa candi yang tak masuk akal, bagaimana ceritanya candi berada di ketinggian 2000 dpl, tak habis pikir dan itu sungguh mempesona, saya yakin perjalanan liburan anda kali ini akan terasa sangat berbeda dan tentunya menyenangkan apalagi berlibur ke kawasan dataran tinggi dieng.

biaya masuk setau saya dua (2) kali yaitu saat kita masuk kawasan dataran tinggi dieng, kemudian masuk ke objek wisata dataran tinggi dieng, disini banyak sesuatu yang indah tapi ada juga tempat-tempat menarik yang tidak diketahui orang.

kita bebas kemana saja selama masih di kawasan dataran tinggi dieng, tapi semua itu tidak berlaku untuk parkir haha, jadi tetep keluar uang juga walaupun sudah di menej sedemikian rupa :D.

getready123.wordpress.com

Saya pun hanya menemui 4 objek, teater semacam bioskop mini yang menceritakan mengenai dieng, kemudian telaga warna dan candi hha oopss ternyata hanya mengunjungi 3 tempat di dataran tinggi dieng. 
Saat dalam perjalanan menuju dataran tinggi dieng banyak hal yang aneh dan unik, seperti turunya kabut yang menyebabkan jarak pandang sangat tipis, yang jelas hanya kabut jangan membuat anda berbalik arah karena toh sebenernya kalo sudah di atas maka kabut tidak muncul, sepengalaman saya seperti itu :D.

Saat menuju dataran tinggi dieng dan ini  sulit diungkapkan yaitu ketika anda menuju kawasan dataran tinggi dieng hingga pada suatu titik menengoklah kebelakang, maka WAW pemandangan luar biasa nan indah di bawah dataran tinggi dieng, yang pasti amazing. Oke guys langsung saja menuju dataran tinggi dieng.....

Selamat berlibur di Kawasan Dataran Tinggi Dieng :)

Dataran Tinggi Dieng Negeri Para Dewa dieng plateau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

8 komentar:

  1. Memang betul Dataran tinggi dieng merupakan tempat wisata yang eksotis, mantab ulasanya. untuk promosi wisata dieng. sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dataran tinggi dieng memang sangat indah :)

      Delete
  2. Kelupaan tuh,, puncak sikunirnya lupa... Saya ke dieng malah cuman kepuncak sikunir aja -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas masukannya, mungkin puncak sikunir akan masuk daftar nantinya dalam post tersendiri :)

      Delete
  3. Memang bener mas, Dieng WAW bangets pemandangan luar biasa nan indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dataran tinggi dieng memang luar biasa :)

      Delete
  4. saya selaku warga wonosobo berterima kasih atas tulisannya yang memperkenalkan dieng.. dan benar yang dikatakan sdr hanisah kalau ada puncak sikunir dengan golden sunrisenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visit Jateng dan kunjungi dataran tinggi dieng yang sangat eksotis, bukan begitu om anonymous :)

      Delete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara