Benteng Pendem Purworejo Sebagai Saksi Bisu Sejarah Masa Lalu


Benteng pendem purworejo merupakan salah satu peninggalan sejarah kolonial japan yang hingga saat ini masih menjadi misteri layaknya candi-candi yang berada di dataran tinggi dieng, benteng pendem purworejo juga berada pada pegunungan menoreh purworejo.

Pegunungan yang membentang dari pantai selatan yang seakan-akan bersambung hingga dataran tinggi dieng di wonosobo, saya harus mengatakan bahwa ini adalah tempat yang indah, dan saya cukup pede mempromosikan obyek wisata benteng pendem purworejo :D.

okee kita bahas map dulu, benteng pendem purworejo berada di perbukitan dukuh kalimaro, dusun bapangsari kec.bagelen kabupaten purworejo, kira-kira di situlah letak benteng pendem purworejo. 
jika anda berada pada jalan raya yogya purworejo maka anda berada di jalan yang benar untuk menuju benteng pendem purworejo, jiki anda dari arah purworejo menuju yogya maka berpatokanlah pada pasar krendetan, itu akan memakan waktu beberapa menit.

saya tidak tahu tepat berapa kilo jaraknya dari pasar krendetan yang jelas satu (1) km saya rasa lebih, setelah itu jalan mulai menanjak dan baik ikuti terus hingga anda bertemu dengan masjid sebelah kiri jalan bertepatan sebelum melewati jalan layang kereta api.

maka anda sudah dekat kawasan benteng pendem purworejo masuklah melewati jalan setapak sebelum masjid tersebut dan anda akan melewati sebuah pabrik kecil dan itu sekali lagi anda berada di jalan yang benar menuju benteng pendem purworejo, ikuti jalan setapak tersebut, jika anda menggunakan mobil maka saya terpaksa mengatakan lebih baik pulang dan menggunakan motor.

BENTENG PENDEM PURWOREJO
sip-alamnusantara.blogspot.com

kecuali jika anda adalah temannya Rifat sungkar :D, saya tidak terlalu paham berapa keseluruhan jumlah dari benteng pendem purworejo, karena pada dasarnya benteng pendem purworejo berada dalam satu lingkup yang luas mungkin membentang hingga beberapa km.

Benteng Pendem Purworejo


karena butuh waktu beberapa menit untuk menuju benteng satu ke benteng lainya, dan anda jangan berpikir bahwa benteng pendem purworejo dalam satu benteng memiliki ukuran yang luas seperti benteng-benteng pada umumnya.

Karena yang saya temui benteng pendem purworejo rata-rata berukuran 3X3 dan berada dalam sekat kotak kotak ,jujur nggak berani masuk :D walaupun kecil tapi jika kita melihat atau coba mengerti situasi atau bahkan tidak paham sejarah benteng pendem purworejo,

aroma mistis cukup terasa haha pasti membuat kita enggan berada di dalam benteng dengan waktu yang lama, bahkan ada satu benteng yang jumpai berada di dalam tanah dan itu sangat kecil sekali.

BENTENG PENDEM PURWOREJO
sip-alamnusantara.blogspot.com

saya tidak yakin apakah itu termasuk benteng atau sekedar selokan. Saya bertanya dengan penduduk sekitar yang cukup sepuh saya rasa dia mungkin salah satu kunci mengenai benteng pendem purworejo, dia berkata ada sekitar 13-14, tapi ada yang bilang lebih dari itu, sementara saya dan kakak saya berjalan jauh dan sempat turun melewati jurang kecil selama beberapa jam kami hanya menemukan 4 buah benteng pendem purworejo.

namun saya juga kurang yakin karena jujur di situs peninggalan yang sangat bersejarah seperti benteng pendem purworejo, pemerintah seperti kurang serius untuk mengelola benteng pendem purworejo, padahal ini adalah obyek wisata yang sangat potensial.

bayangkan saja jalan yang saya lewati memang cukup bagus tapi lihat kanan kiri, itu adalah jurang, no parkir, no biaya masuk, dan hanya sedikit rumah penduduk sekitar, jujur saya pertama kali ke Benteng pendem purworejo.

tidak ada petunjuk arah, tidak ada tempat pasti letak mengenai benteng pendem purworejo tersebut, namun cukup menyenangkan dan enjoy, harapan kami okelah sekarang seperti ini tapi semoga beberapa tahun yang akan datang, benteng pendem purworejo bisa di sejajarkan dalam hal jumlah pengunjung dengan benteng-benteng lain seperti di daerah kebumen dan yogyakarta.

Selamat berlibur di Benteng Pendem Purworejo :)

Benteng Pendem Purworejo Sebagai Saksi Bisu Sejarah Masa Lalu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara