Danau Luat Tawar Asli Menakjubkan Ala etnis Gayo


Danau laut tawar satu tempat yang indah yang perlu di promosikan, berada di sela-sela dataran tinggi gayo atau di kaki dataran tinggi gayo, sebuah kombinasi alam yang menakjubkan di tanah gayo, danau laut tawar merupakan danau yang cukup indah di himpit dan di batasi oleh bukit-bukit istimewa yang benar-benar waw, jujur sangat indah sekali mengingatkan saya dengan satu waduk, yaitu waduk wadaslintang.

Danau lut tawar begitu sapaan khas etnis gayo menyebut danau laut tawar, etnis gayo adalah penghuni dataran tinggi gayo sejak begitu lamanya, masyarakat yang sangat agamis.  Danau laut tawar di kenal sebagai ikon pariwisata di kota Takengon, kabupaten Aceh Tengah, propinsi Nangroe Aceh Darussalam yang justru menjadi wisata populer di propinsi Aceh,  yang begitu indah dan tentu saja akan mendunia.

Danau laut tawar menyimpan banyak spesies biota, flora dan fauna yang bahkan katanya tidak ada di tempat lain selain di danau laut tawar.  Ya, salah satunya di sebut sebagai ikan depik sapaan akrab bagi etnis gayo, ikan yang kecil berukuran seibu jari atau besaran lagi :D.
Danau laut tawar seperti namanya bahwa danau ini tidak asin alias tawar dan masyarakat menyebut sebagai laut karena memang danau ini seakan-akan membentang luas dan tak berujung, benar saja selama mata memandang dari kota takengon, danau laut tawar seakan-akan tidak berujung hanya dibatasi kombinasi bukit nan indah yang selalu berada di kedua sisi danau laut tawar.

Danau laut tawar menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitar, mau mancing, mau berenang, mau minum air sampe kembung, mau jungkir balik terserah dah pokoknya, semua bisa dan bebas.

Asal satu hal “ jangan mengotori dan merusak danau laut tawar anugerah yang di berikan Allah kepada tanah gayo “, pemerintah daerah pun nampaknya cukup serius menggarap danau laut tawar. karena jika di garap serius pastinya propinsi aceh memiliki nilai jual tersendiri.

DANAU LAUT TAWAR takengon aceh
www.pdk.or.id

Danau Laut Tawar


Satu paduan yang cukup istimewa di satu tempat, disini anda bisa menikmati dataran tinggi gayo, menikmati cita rasa kopi arabika yang mendunia khas tanah gayo, menikmati danau laut tawar, beserta kulinernya, dan waw kurang apa lagi? haha semua lengkap tersedia, di tambah sentuhan yang pas kabupaten aceh tengah akan menjadi ikon pariwisata.

Ini seperti danau toba dan pulau samosir ibarat seperti perangko yang saling melengkapi dan menambah eksotisme layaknya dataran tinggi gayo dan danau laut tawar kota tekongan.

Danau laut tawar memliki luas kira-kira sekitar 5.472 hektar, dengan panjang 17 km dan lebar 3.219 hektar, tidak terbayang kan betapa luasnya danau laut tawar sebuah anugerah tuhan untuk masyarakat gayo.

Mungkin jika setengah dari luas danau laut tawar di jadikan budidaya ikan tambak yang didanai pemerintah daerah untuk masyarakat sekitar, pastinya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar, sehingga harapanya penangkapan ikan di danau laut tawar akan berkurang.

DANAU LAUT TAWAR takengon aceh
outforvacation.com

Meskipun ada anggapan yang berkembang di masyarakat sekitar, bahwa ikan depik yang menjadi ikon danau laut tawar tidak pernah habis walaupun telah dikonsumsi sekian lamanya. Namun jika di lihat dari segi ilmiah mungkin saja karena luasnya danau lauat tawar, sehingga ikan depik terlihat tidak pernah berkurang.

Di sekitar danau laut tawar masyarakat pada umumnya menanam padi ini bisa terlihat seperti rumput hijau nan indah jika dilihat dari kejauhan atau mungkin itu rumput? Saya juga kuarang paham, namun dibeberapa titik lereng bukit danau laut tawar terlihat tidak tertanami pohon, tentu ini menjadi keprihatinan tersendiri.

Karena mungkin saja bahaya longsor yang kapan saja dapat terjadi, serta dapat merusak pemandangan danau laut tawar, semoga ini menjadi evaluasi bagi pemerintah daerah untuk mereboasiasi bukit-bukit danau laut tawar.
Selamat berlibur di Danau Laut Tawar :)

Danau Luat Tawar Asli Menakjubkan Ala etnis Gayo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara