Dataran Tinggi Gayo Nan Indah diantara Perkebunan Kopi


Dataran tinggi gayo di kenal sebagai negeri seribu kopi, terdengar cukup unik nama yang di sandang dataran tinggi gayo, karena memang jika di telusuri lebih dalam mengenai sejarah dataran tinggi gayo maka tidak terlepas dari perkebunan kopi nan terkenal di masa silam, cikal bakal dari penjajahan belanda da tanah gayo yang berujung pada pembukaan lahan untuk perkebunan kopi di dataran tinggi gayo

Okee secara pasti dataran tinggi gayo berada di punggung bukit barisan yang membentang luas sepanjang sumatera atau dari lampung hingga aceh sedangkan kaki-kaki dataran tinggi gayo berada di  tiga kabupaten: di antaranya kabupaten aceh tengah, bener meriah,dan gayo lues.
Dataran tinggi gayo memiliki ketinggian sekitar  1200m dpl, dapat dikatakan cukup eksotis dan sejuk, dari nama yang melekat hingga ketinggian yang di miliki pastilah sudah terbayang betapa indah dan sejuk berada di hamparan perkebunan kopi.

Dataran tinggi gayo

Serta menurut data dataran tinggi gayo memiliki areal perkebunan kopi sekitar 95.520ha yang di tanami kopi jenis arabika, jika di ungkit dari sisi sejarah akan sangat panjang, dari asal-mula hingga proses kopi arabika dapat muncul dan berkembang baik di dataran tinggi gayo.  meskipun begitu data tersebut belum mesti akurat bisa saja bertambah atau justru berkurang, namun cukup di jadikan refrensi.

Dataran tinggi gayo juga sering menjadi medan offroad bagi penggila adventure, dan di sisi lain sebagai tempat bersepeda yang cukup menyegarkan, mau gimana lagi, karena semua dataran tinggi pastilah memiliki ketinggian di atas 700m dpl dan itu cukup untuk membekukan hati anda.. halah halah justkid:D
balarmedan.wordpress.com

Walau bagaimanapun tentulah indah melihat hamparan padang gayo yang terangkat oleh bukit barisan, kekeyaan alam nusantara yang tidak ada habisnya, mungkin masih banyak sisi dataran tinggi gayo yang eksotis namun belum terekspos.

Masyarakat gayo berpencaharian sebagai petani, kopi dll. Dalam wilayah Dataran tinggi gayo juga terdapat satu tempat yang cukup eksotis, yaitu danau laut tawar yang masih dalam satu lingkup.

Masyarakat gayo masih memiliki daya mistis yang cukup kental, dan salah satu etnis melayu  tertua di daratan aceh, untuk mencapai dataran tinggi gayo kurang lebih 318km dari kota Banda aceh.

Selamat berlibur di Dataran Tinggi gayo :)

Dataran Tinggi Gayo Nan Indah diantara Perkebunan Kopi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar:

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara