Benteng Pendem Ngawi Geliat Wisata Lokal yang Sedang Menjadi Trend


Benteng pendem ngawi bisa disebut sebagai ikon kota ngawi, meski sekarang belum bisa disebut seperti itu namun jika kita menengok kebelakang atas sejarah yang melekat pada benteng pendem ngawi maka tak asing jika benteng pendem ngawi sebagai batas tiang penjajah merongrong nusantara.

Masih sangat kental sekali aroma sejarah benteng pendem ngawi hanya dengan masuk dan menghirup udara sekitar benteng pendem ngawi, meski benteng pendem ngawi telah berdiri kokoh sekitar tahun 1839 namun situs bersejarah tersebut baru di buka menjadi zona wisata sejak tahun 2011.

banyak isu yang berkembang atas penutupan benteng pendem ngawi seperti diletakannya
senjata dan sarang burung walet, namun terlepas dari itu benteng pendem ngawi adalah salah satu ikon berharga sekaligus asset yang tak ternilai harganya, bukan karena materialnya dan arsitekturnya namun lebih dari itu adalah mengenai sejarah yang melekat sejak pertama kali benteng pendem ngawi di bangun.
benteng pendem ngawi bisa disebut sebagai tetangga dekat dari sungai begawan solo yang amat mashyur di bumi pertiwi, jika mengaitkan dengan sungai begawan solo maka sosok sang maestro gesang tidak dapat dipisahkan.

Benteng pendem ngawi disebut juga sebagai Benteng pendem van den bosch yang di bangun saat masa pemerintahan Gubernur Jenderal Defensieljn Van Den Bosch ada juga yang menyebut Fort Van Den Bosch.

ya mungkin itu nama lengkapnya, saya juga kurang paham mengenai sejarahnya:D.  Bisa disimpulkan nama benteng van den bosch di ambil dari nama sang gubernur.

disebut-sebut sebagai tempat yang sangat strategis dalam menghadapi bumi pertiwi karena berada di dekat sungai begawan solo yang pada masa silam menjadi jalur transportasi, perdagangan, dan sebagai zona pertahanan darat menghadapi para pejuang bangsa indonesia.

apriliannote.blogspot.com

benteng pendem ngawi menelan lamanya pengerjaan sekitar 6 tahun hanya untuk menyelesaikannya saja, atau antara tahun 1839-1845 bagi saya itu sudah cepat melihat jaman dulu serba terbatas namun dari segi kualitas jauh lebih baik. ada yang bisa menyangkal?

Benteng Pendem Ngawi


Lokasi:
Akses menuju kawasan benteng pendem ngawi tidaklah sulit, benteng pendem ngawi berada di kelurahan pelem, kecamatan ngawi, kabupaten ngawi, jawa timur cukup jauh dari tempat saya tinggal haha, tepatnya berada di sekitar pusat kota.

apriliannote.blogspot.com

Oh iya, benteng pendem ngawi juga terkenal akan aura mitos yang sangat kuat, kental ya bagaimana tidak, benteng yang notabene adalah basis pertahanan militer sudah tentu sering terjadi pembunuhan entah berapa banyak dan siapa saja itu kisah dulu yang mungkin belum ada bukti kuat, namun bisa ditarik kesimpulan kurang lebih seperti itu.  ada yang berani uji nyali? Haha saya jelas tidak mau, lebih baik jalan-jalan :D.

Di beberapa daerah juga memiliki benteng dengan sebutan benteng pendem, sepert benteng pendem cilacap dan benteng pendem purworejo, dan semua itu adalah bukti salah satu asset yang sangat berharga yang dimiliki bangsa indonesia sebagai tolak ukur peradaban nusantara masa kini.

apriliannote.blogspot.com

Sepertinya memang bangsa penjajah sangat senang membangun basis pertahanan atau benteng pendem, jaman dahulu benteng pendem juga dijadikan sebagai pusat pemerintahan alasanya adalah dari segi keamanan dan sumber daya lebih mendukung dari kemungkinan terburuk seperti serangan di malam hari atau bahkan serangan dadakkan

pesan admin adalah jika anda mengaku sebagai warga negara indonesia tanpa memandang anda baik atau buruk maka hendaknya tidak mencoret dinding-dinding bersejarah yang mungkin dibuat dengan kucuran darah oleh simbah-smbah kita.

Benteng Pendem Ngawi Geliat Wisata Lokal yang Sedang Menjadi Trend Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. terimakasih ata artikel yang telah di berikan gan..
    maaf kalo boleh tau, kapan berdirinya benteng tersebut gan?
    terimakasih ;)

    ReplyDelete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara