Surganya eceng gondok Danau rawa pening wisata yang dalam tahap kritis

Hai, kali admin alam nusantara akan membahas salah satu danau rawa terkenal di provinsi jawa tengah.. yupzzz namanya danau rawa pening

Danau rawa pening bisa dikatakan salah satu Wisata andalan di jawa tengah, meskipun dari segi pengunjung tidak terlalu banyak apabila di bandingkan dengan ikon wisata serupa di jawa tengah.

Lokasi danau rawa pening

Danau rawa pening berada di provinsi jawa tengah, semarang atau lebih spesifik berada di kecamatan ambarawa dan beberapa kecamatan lainnya.

Danau rawa pening juga berhimpitan dengan gunung merbabu gunung unggaran dan gunung telomoyo.

Jadi bisa dipastikan kanan kiri pemandangan tampak indah, meskipun gunung-gunung terlihat sangat jauh jika dilihat dari danau rawa pening

Namun tetap saja memiliki eksotisme nuansa menarik, dari beberapa penuturan saat-saat terbaik melihat keindahan view danau rawa pening adalah saat pagi ketika matahari muncul dari persembunyiannya

Namun danau rawa pening tetap memiliki ciri khas dan eksotisme yang anggun.

Bukan perkara baru bahwa saat ini danau rawa pening sedang dalam era kritis, mengapa demikian? Tidak lain salah satu biangnya adalah pesatnya populasi eceng gondok yang menutupi permukaan air danau rawa pening.

Sebenarnya jika di evaluasi dari sudut manapun populasi eceng gondok tidak mungkin dapat berkembang sangat pesat dan hampir menutupi permukaan air danau

wisatasemarang.wordpress.com
Jika kita mau flashback dan membuka buku tentang tumbuhan, segala sesuatu berkembang karena ada rangsangan, hal ini tercermin pula dalam eceng gondok danau rawa pening.

Beberapa hal yang mengakibatkan pesatnya tanaman eceng gondok adalah pertanian yang berada tidak jauh dari danau rawa pening, apa hubungannya?

Dan ternyata pupuk yang ditebar petani untuk menyuburkan tanaman justru sebagian terbawa air hingga ke danau dan membuat eceng gondok semakin subur.

Dan tentu masih banyak faktor-faktor lain yang melatarbelakangi eceng gondok, masalah eceng gondok akhirnya menimbulkan masalah baru yang jauh lebih kritis.

Yaitu pendangkalan danau rawa pening, logika sederhananya adalah setiap yang hidup pasti meninggalkan ampas, manusia=kotoran, tumbuhan=dedaunan, dan tentunya eceng gondok.

Ketika mereka dalam tahap akhir maka eceng gondok akan tenggelam di dasar danau beserta akar, batang dan dedaunan.

kurniawangunadi.tumblr.com
Masalah lainnya  adalah eceng gondok juga menghalangi sinar matahari untuk menyentuh dasar danau dan sebagai dari banyaknya populasi eceng gondok di rawa pening.

Konsekuensinya adalah oksigen semakin menipis, tentu ini berakibat tidak baik bagi hewan yang berada di dalam danau rawa pening.

Begitulah masalah yang di hadapi danau rawa pening, meskipun saat ini eceng gondok telah dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan tangan, namun tetap saja populasi eceng gondok tidak berbanding lurus dengan daya serap pelenyapan eceng gondok.

Tentu ini menjadi masalah serius dan tidak bisa di anggap remeh, bagaimanapun juga fungsi danau pada dasarnya adalah sebagai daya tampung air sekaligus pengairan.

Dan sekarang terjadi pendangkalan tentu ini menjadi berita buruk dan ancaman nyata untuk danau rawa pening.

Danau rawa pening juga memiliki legenda tersendiri seperti kebanyakan wisata kramat lainnya di nusantara, entah mengapa sebagian wisata tidak terlepas dari aura dongeng.

Fasilitas danau rawa pening

Oh iya disini kita juga dapat berkeliling menggunakan perahu, dengan harga Rp 35.000 sekali jalan selama kurang lebih 30 menit.

Namun agak sulit maklum banyak eceng gondok hoho, dan ayo sebagai generasi penerus cintai lingkungan dengan tidak merusak dan jangan lupa untuk promosikan wisata :)

Surganya eceng gondok Danau rawa pening wisata yang dalam tahap kritis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. nice post.
    nikmati juga indahnya danau maninjau di sumatera barat.
    paket wisatanya sekarang tersedia di trip to maninjau

    ReplyDelete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara