Si Merah Benteng Van Der Wijck Kebumen Benteng dengan aura khas


Kali ini Admin alam nusantara teringat dengan sebuah benteng di kebumen, namanya Benteng Van Der Wijck. Bisa di bilang benteng ini berada di tengah anatara benteng pendem purworejo dan benteng pendem cilacap.

Nampaknya jawa bagian selatan sesuatu banget untuk pemerintah hindia belanda, dari mulai jalan deandels, benteng pendem cilacap hingga benteng Van Der Wijck Kebumen.

Awal mula menurut beberapa sumber bahwa benteng Van Der Wijck dibangun sekitar tahun 1818, pada tahun-tahun tersebut menjadi amat berat bagi belanda baik di nusantara dan di
eropa, tak terkecuali semangat bumi pertiwi yang justru sedang membara dan berkobar-kobar.

Alkisah entah benar atau tidak bahwa benteng ini dibangun atas upaya pemberontakan pahlawan indonesia, siapa lagi jika bukan Pangeran Diponegoro.

wilayah kebumen bagian timur menjadi basis yang kuat untuk merontokan pasukan belanda bagi pangeran Diponegoro bersama kawan seperjuangan.

Biang dari berdirinya benteng Van Der Wijck adalah jenderal var den bosch, namanya juga diabadikan di wilayah ngawi sebagai Benteng Pendem Van Den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi.
Jika dilihat saat ini maka Benteng Van Der Wijck bukanlah wisata sejarah murni, mengingat pemugaran cukup melunturkan sejarahnya, mungkin jarang benteng yang berumur hampir 2 abad memiliki kesan rapih dan modern.

kelanakecil.wordpress.com

Mestinya fungsi pemugaran adalah untuk merapikan tatanan Benteng bukan merubah, meskipun tidak merubah. namun Benteng Van Der Wijck justru jauh dari kesan wisata sejarah.
Meskipun aura mistis tidak dapat ditutupi, namun iti semua masih terlupakan oleh kesan rapi dan modern,

Lokasi Benteng Van Der Wijck


Lokasi Benteng Pendem Van Der Wijck berada di kabupaten kebumen, Gombong, Jawa tengah. akses dapat dikatakan baik dan mudah, berada di dekat jalan protokol meskipun agak menjorok kedalam.


Daya tarik Benteng Van Der Wijck


Uniknya bahwa di Benteng Van Der Wijck memiliki kereta mini yang dapat dijadikan alternatife mengelilingi benteng van der wijck. Yang lebih unik lagi bahwa terdapat areal bermain anak-anak dan kolam renang.

kelanakecil.wordpress.com

benteng yang telah dipugar ini memiliki kekhasan, sebagai wisata keluarga dan tempat asik bagi muda-mudi kebumen menghabiskan waktu luang.

Agaknya cukup membingungkan si merah ini, ada dua pertanyaan
 1. Apakah wisata sejarah? Atau
 2. sekedar wisata keluarga?
Memang sangat disayangkan, admin bukan ingin menjelekan tapi nampaknya fungsi wisata Benteng Van der wijck keluar dari alur sejarah, dan sebatas rekreasi, semoga ini menjadi hal serius bagi pemda daerah untuk meluruskan fungsi utama benteng Van der wijck sebagai wisata sejarah.

Okee, sekian dari admin alam nusantara, ambil baiknya dan kritisi buruknya untuk wisata indonesia yang lebih baik ... horeeee

Selamat berlibur di Benteng van der wijck Kebumen :)

Si Merah Benteng Van Der Wijck Kebumen Benteng dengan aura khas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar:

  1. Wah indah sekali bila dilihat dari google earth, bagaimana dengan aslinya yah.

    ReplyDelete
  2. menambah pengetahuan sejarah
    rekreasi di benteng van der wijck
    terima kasih tutorialnya

    ReplyDelete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara