Bukit Tidar Magelang paru-paru Tengah Kota yang Penuh Cerita


Magelang punya cukup banyak cerita menarik yang mistis, entah mengapa magelang salah satu kota di jawa tengah yang dikelilingi gunung-gunung tinggi khas jawa tengah seperti gunung merapi dan gunung merbabu, dan salah satunya lagi adalah gunung tidar atau masyarakat biasa menyebut dengan nama Bukit tidar.

Bukit tidar juga berfungsi sebagai paru-paru kota magelang yang cukup fenomenal.

Entah seperti apa tapi banyak cerita-cerita yang juga tidak jelas sumbernya mengenai bukit tidar, ada yang mengatakan bahwa dahulu kala pulau jawa selalu berguncang dan sehingga dewa merasa kasihan dengan pulau jawa lalu memaku pulau jawa yang berbentuk bukit tidar.

Versi lain mengatakan bahwa pulau jawa labil serta sering bergoyang-goyang nah karena itu ada beberapa orang sakti yang memaku pulau jawa di bukit tidar.

Dari kesemua itu muncul anggapan bukit tidar adalah pakuning jowo, maklum hal ini mitos para leluhur, kesimpulan admin kembalikan kepada pembaca.

Sejak zaman dahulu gunung merapi dan gunung merbabu yaitu pada jaman silam cukup aktiv melontarkan lahar yang menurut beberapa cerita banyak masyarakat yang terkubur hidup-hidup saat terjadi fenomena tersebut.

Dan masih banyak cerita-cerita mitos lainnya, dari mulai syekh subakri, kiai semar hingga raja jin sepanjang.

Untuk akses kebukit tidar ada beberapa jalan namun entah karena suatu alasan apa jadi tidak bisa dilewati dan sekarang hanya kampung barakan menjadi akses termudah.


Gunung tidar sebenernya lebih tepat dikatakan bukit, bukit tidar juga sering dijadikan tempat ziarah karena disini terdapat makam syekh subakhir yang konon sebagai pendakwah agama islam dari timur tengah ditanah magelang.

Sesaat kita menaiki terdapat petilasan makam syekh subakhir. Entah petilasan atau Makam ini menjadi saksi sejarah atas apa yang sebenarnya terjadi dan seperti apa cerita sebenarnya
 mengenai bukit tidar.

Tahu kah anda?

Disini masih ada monyet-monyet usil meskipun tidak diketahui berapa jumlahnya tapi cukup meresahkan jika anda tdak berani mengusir mereka. Haha

Sebenarnya tidak ada yang istimewa selain cerita-cerita yang selama ini menghiasi bukit tidar, di atas hanya ada lapangan beserta monumen dan sisi lain ada petilasan dari Memang tidak ada yang banyak tahu mengenai bukit tidar jika dirunut dari sejarah, tapi melihat dari banyaknya cerita rakyat yang berkembang, sepertinya bukit tidar bukanlah bukit yang biasa setidaknya pada waktu itu.

Tapi tenang saja dari sini pemandangan cukup luas, meskipun banyak pohon-pohon yang menghalangi tapi sedikit-sdikit bisa.  Tapi jangan datang sendiri gan bahaya, nyasar bisa gawat haha, tapi enggak mungkin nyasar gan, oh iya rasa-rasanya kalo pingin lihat gunung paling cocok kalo ke ketep pass, bisa melihat lima gunung yang jauh dari aura mistis.

Selamat berlibur di Bukit Tidar Magelang :)

Bukit Tidar Magelang paru-paru Tengah Kota yang Penuh Cerita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara