13 Fakta Nyata dan Menarik Tentang ikan Lumba-lumba


Kali ini kita akan beralih kesalah satu mamalia cerdas yang pernah terlahir kedunia lautan, makhluk ini dikenal dengan nama lumba-lumba atau inggrisnya disebut dolphin. Yup lumba-lumba dikenal salah satu keluarga mamalia yang cerdas, cukupbisa disejajarkan dengan kucing dan anjing.

Mereka adalah hewan yang sangat peka kepada manusia, okee ini ni 13 fakta yang amat mencengangkan dari lumba-lumba.

Lumba-lumba adalah mamalia

Pernahkah anda berpikir bahwa hanya makhluk didarat yang termasuk dalam mamalia, padahal kita tahu bahwa mamalia adalah hewan yang menyusui. Lumba-lumba termasuk kelompok mamalia yang disebut sebagai Cetacea

lumba-lumba bernafas dengan lubang diatas dekat kepala yang biasa disebut blowhole, saat berada didalam air blowhole tertutup dan dikelilingi oleh otot-otot kuat.

serta karena lumba-lumba berkembangbiak dan menyusui anaknya, entah proses menyusui yang seperti apa proses dari sang anak ini.

Lumba-lumba termasuk delphinidae 
 
Ini juga yang menjadi salah satu muasal penamaan dolphin dalam bahasa inggris

Makanan lumba-lumba

Seperti kebanyakan karnivora di lautan mereka memakan ikan yang lebih kecil, cumi-cumi serta udang menjadi salah satu santapan mereka.

tahukah anda bahwa lumba-lumba juga memiliki bulu-bulu halus yang tumbuh pada permukaan kulitnya.

jenis lumba- lumba

Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak jenis lumba-lumba di alam bebas, hanya beberapa berpendapat seperti dolphin-world.com, mereka menyebut ada sekitar 36 jenis lumba – lumba.
bahkan empat diantaranya dapat menyentuh air tawar atau biasa disebut lumba – lumba sungai. Seperti di amazon ditemukan lumba-lumba yang terlihat di sungai terbesar didunia tersebut.

Habitat lumba-lumba

Lumba-lumba hidup diperairan tropis, sub tropis hingga diperairan hangat lainnya, mereka tergolong hewan makhluk dangkal meskipun beberapa dapat menyelam dikedalaman 260 meter.

Kecepatan berenang lumba-lumba

13 Fakta ikan Lumba-lumba
Lumba-lumba bukanlah hewan tercepat di dunia, setidaknya dilautan mereka hanya dapat berenang dengan kecepatan 30 km per jam atau sekitar 18 mil per jam.

entah dengan kecepatan tersebut dapat dikatakan cepat atau lambat, Karena air bukan media yang cukup baik untuk dapat menembus kecepatan maksimal

Ukuran dan umur lumba-lumba

lumba-lumba memiliki panjang tubuh sekitar tiga (3) hingga empat (4) meter dengan usia dapat hidup hingga usia 50 tahun, usia yang tidak cukup pendek untuk regenerasi populasi pada komunitasnya

cara lumba-lumba menemukan mangsa

Tahukah anda bahwa kelelawar dan lumba-lumba memiliki sistem yang sama dalam hal indera yang biasa disebut dalam dunia binatang echolocation.

sebuah sistem yang dapat mendeteksi benda-benda disekitarnya, lumba-lumba dapat mengirimkan 1000 gelombang perdetik didalam air hingga menyentuh benda-benda dan itu semua cukup untuk membuat meraka dapat mendeteksi. Ukuran,  lokasi dan bentuk dari mangsanya.

13 Fakta ikan Lumba-lumba
Cara lumba-lumba memakan mangsa

Lumba-lumba termasuk dalam golongan paus yang memiliki jumlah 100 buah gigi meskipun gigi tersebut tiudak digunakan untuk mengoyak mangsa hanya sekedar untuk menangkap mangsa

Mereka menggunakan strategi cerdas, lumba-lumba termasuk dalam hewan yang hidup berkelompok,hingga mereka menggiring mangsanya. Dan melakukan manuver- manuver canggih untuk membuat pecah kerumunan mangsa.

Ini alasan mengapa lumba-lumba melompat keudara

Lumba-lumba bernafas dengan paru-paru, ini yang membuat mereka dapat spy-hop keudara ( meluncur vertikal ke udara) dan untuk melihat keadaan sekitar.

Perilaku lumba-lumba

Ini adalah salah satu point lebih dari lumba-lumba, mereka memiliki perilaku yang bisa disebut ramah oleh manusia, mereka sering terlihat berenang bersamaan dengan kapal-kapal disekitarnya dan mereka salah satu hewan dengan muka terlucu haha, seperti pada kucing.

Tahukah anda?

Untuk mencegah tenggelam saat tidur hanya setengah dari otak lumba-lumba pergi tidur sementara separuh lainnya tetap terjaga sehingga mereka dapat terus bernapas!

13 Fakta ikan Lumba-lumba

Mereka memiliki pendengaran yang sangat baik, bisa dianggap lumba-lumba bisa mendengar 10 kali lebih baik dari pada manusia. lumba-lumba sangat buruk dalam hal penciuman tidak seperti karnivora lain dilautan seperti hiu.

lumba-lumba juga memilik Rasa sentuh yang sangat sensitif dan mereka menggunakannya saat  berada dalam komunitasnya. Lumba-lumba mengandalkan pada kombinasi indera untuk menghindari bahaya, untuk menemukan makanan, dan bersosialisasi dalam kelompoknya.

Musim kawin pada lumba-lumba

Sepanjang tahun, meskipun dibeberapa daerah ada puncaknya pada musim semi dan musim gugur.
Kehamilan: 9-17 bulan tergantung pada spesies. Ketika saatnya untuk melahirkan, betina akan menjauhkan diri dari komunitas, dan mereka lebih memilih berada diperairan dangkal.

ketika telah lahir sang ibu harus segera membawa lumba-lumba kecil untuk menghirup napas pertama. lumba-lumba kecil akan dirawat dari 11 bulan hingga 2 tahun, dan setelah itu lumba-lumba masih bersama induknya sampai berusia antara 3 dan 8 tahun.

Semoga bermanfaat

13 Fakta Nyata dan Menarik Tentang ikan Lumba-lumba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

3 komentar:

  1. lumba-lumba adalah binatang yang paling bershabat dengan manusia..benar ga sih?

    ReplyDelete
  2. bagus info nya gan, jdi lbih tau nih

    ReplyDelete
  3. apakah lumba2 termsk hewan yg dilindungi?

    ReplyDelete

Cinta dengan indonesia?
Maka cinta unruk merawatnya.....
Jangan buang sampah sembarangan....
Jaga alam untuk kelestarian bersama.... :)

sip-alamnusantara